Find Us On Social Media :

Inilah 9 Tanda Orang Yang Selalu Bergantung Pada Orang Lain (1)

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 24 Juni 2016 | 08:00 WIB

Inilah 9 Tanda Orang Yang Selalu Bergantung Pada Orang Lain (1)

Intisari-Online.com—Kadang-kadang sulit untuk menilai apakah diri kita atau orang lain adalah orang yang tidak mandiri. Sebab karakter ini memang sulit untuk dibaca dan dikenali. Berikut ini 9 tanda orang yang selalu bergantung pada suatu hal. Entah itu bergantung pada alkohol, rokok, makanan, judi, hubungan, bahkan orang.

1. Sulit untuk mengambil keputusan tanpa saran orang lain

Orang yang selalu bergantung pada orang lain biasanya sulit mengambil keputusan sendiri. Itulah sebabnya hidupnya cenderung monoton. Ia selalu ragu dan takut untuk mengambil keputusan.

2. Membuat orang lain bertanggung jawab akan dirinya sendiri

Ia sering meminta orang lain untuk bertanggung jawab pada dirinya. Ia tidak bisa mengontrol banyak hal dalam dirinya. Sehingga tantangan hidup terasa menakutkan dan tidak mungkin untuk dilewati baginya.

3. Sulit baginya untuk menolak

Seorang yang bergantung pada orang lain tidak berani menolak. Ia bahkan takut untuk mengekspresikan pendapatnya. Ia takut menjadi berbeda dengan orang lain dan dikucilkan oleh orang di sekitarnya karena ia memiliki pendapat yang berbeda.

4. Sulit untuk memulai sesuatu sendiri

Ia takut untuk memulai sesuatu pekerjaan atau proyek karena mungkin orang lain akan menyadari kelemahannya. Ia takut untuk gagal dan terlihat lemah di hadapan banyak orang. Sehingga ia cenderung tidak memiliki inisiatif sama sekali.

5. Merasa takut saat sendiri

Saking bergantungnya pada orang lain, ia merasa takut ketika sendiri. Sebab ia merasa tidak kompeten tanpa kehadiran orang lain bersamanya. Menjadi sendiri berarti tidak aman baginya.

                             

(psychologytoday.com)