Find Us On Social Media :

Menilai Diri Sendiri dengan Penilaian yang Positif

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 30 Juni 2016 | 15:20 WIB

Menilai Diri Sendiri dengan Penilaian yang Positif

Intisari-Online.com—Setiap kita pasti memiliki cara pandang tersendiri dalam pikiran kita mengenai diri kita sendiri. Tidak hanya pengaruh dari luar, bagaimana cara kita untuk menilai diri sendiri juga sangat mempengaruhi kualitas hidup kita. Apa yang sering kita ucapkan, tanamkan, dan pahamkan dalam diri kita pasti turut ambil bagian dalam perkembangan diri kita.

Salah satu cara untuk mengenali, menghargai, dan menyayangi diri kita sendiri adalah dengan menilai diri dengan penilaian yang positif. Dengan nilai yang positif itu, kita akan sering mengatakan pada diri kita sendiri kata-kata yang positif yang membangun.

Hal ini perlu dilakukan karena sering kali menilai diri dengan positif lupa untuk dilakukan. Malahan kata-kata negatif yang sering ditujukan pada diri. Kita suka mengingat hal yang negatif yang ditujukan orang lain pada kita sejak kita kecil. Entah yang dikatakan oleh orangtua, keluarga, saudara, dan guru kita. Akhirnya stigma itu terus melekat sehingga kita sulit melihat kebaikan diri kita sendiri.

Kalau kita menilai diri kita sendiri dengan negatif, kita tidak jauh-jauh dari karakter negatif lainnya. Seperti marah, ketakutan, perasaan bersalah, dan tidak ada harapan.

Banyak orang yang menjadi depresi karena stigma dari orang lain yang melekat dalam dirinya. Sehingga ia tidak mampu untuk melihat hal yang baik dalam dirinya. Jika sejak kecil ia merasa tidak berharga, sampai dewasa ia bisa saja berpikir dirinya tidak berharga. Karena itu penting sekali untuk melihat dan

Jika kita adalah orang yang terjebak dalam pola pikir negatif pada diri sendiri, maka inilah saatnya untuk berubah. Sebab kita tercipta dengan begitu berharga dengan keistimewaannya masing-masing. Cobalah untuk mulai menilai diri kita sendiri dengan perkataan yang positif. Dan rasakan bagaimana self-talk akan membantu kita untuk lebih berkembang.

Apakah kita sering menilai diri kita dengan cara pandang yang negatif? Cobalah untuk menemukan kebenaran-kebenaran positif dalam diri kita. Jangan menyerah saat kita belum bisa menemukannya.

Kita mungkin memiliki pesan negatif dalam kepala kita setiap kali kita melakukan kesalahan. Namun cara kita untuk merespons pesan itu penting untuk diubah. Jika karena kesalahan itu kita semakin lemah, kita perlu mengubah pola pikir kita. Orang yang positif akan selalu menjadikan kesalahan sebagai suatu pembelajaran. Dengan menerapkan penilaian positif dalam diri kita, kita akan mampu melepaskan persepsi negatif yang mengintimidasi kita.

(psychologytoday.com)