Find Us On Social Media :

Inilah 8 Tips Menjaga Kesehatan Mental! (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 26 Juni 2016 | 08:30 WIB

Inilah 8 Tips Menjaga Kesehatan Mental! (2)

Intisari-Online.com - Ketika pikiran berada dalam kondisi yang baik, maka tubuh dan kehidupan cenderung akan mengikuti karena kita akan merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi. Ini selanjutnya akan membuat kita menjadi lebih bahagia. Nah, untuk mendapatkannya secara maksimal, inilah 8 tips menjaga kesehatan mental yang perlu kita lakukan:

5. Buat tubuh selalu aktif setiap hari

Jangan hanya duduk dan malas-malasan karena tubuh perlu diaktifkan setiap hari, salah satunya dengan berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meringankan gejala kecemasan dan depresi. Olahraga akan membuat tubuh melepaskan zat kimia, yang meningkatkan suasana hati positif, seperti endorfin dan serotonin. Selain olahraga, kita juga bisa membuat tubuh aktif dengan cara yang lain, misalnya dengan memilih berjalan kaki atau bersepeda untuk bepergian ke tempat yang tidak begitu jauh, dan memilih menggunakan tangga dibandingkan dengan lift kantor.

6. Jangan biarkan stres bersarang

Ketika berada dalam keadaan yang sulit, kita harus mampu mengendalikan diri dan menemukan solusi atau jalan keluar yang tepat. Jangan sampai kita terjebak dalam stres yang berlarut-larut. Mintalah bantuan orang-orang terdekat untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Dukungan, semangat, dan bantuan orang-orang terdekat akan sangat memengaruhi keadaan kita.

7. Luangkan “me time”

Tanggung jawab pekerjaan dan komitmen bersama keluarga memang menjadi hal utama dalam hidup, namun itu tidak berarti kita harus terus berada di dalam sana. Meluangkan waktu untuk sendirian dan melakukan apapun yang kita sukai adalah cara baik untuk memulihkan pikiran serta fisik tubuh. Entah itu membaca buku favorit, mendengar musik, atau sekadar duduk di taman sendirian untuk menikmati tanaman. Manjakanlah diri sendiri agar lebih rileks dan mungkin memunculkan ide-ide baru yang segar.

8. Cukupkan waktu tidur malam

Tidur malam yang berkualitas tak hanya baik untuk tubuh, namun juga pikiran. Bila sulit tidur di malam hari, coba untuk melakukan hal yang membuat rileks, seperti mendengarkan musik lembut. Biasakan kegiatan itu menjadi rutinitas, sehingga tubuh memiliki sensitivitas untuk mendapatkan waktu tidur. Menjaga tidur berkualitas secara konsisten akan sangat membantu kesehatan tubuh serta mental.

Inilah 8 tips menjaga kesehatan mental. Apakah Anda sudah melakukan tips di atas hari ini? (www.healthgrades.com)