Find Us On Social Media :

Inilah 8 Alasan Mengapa Kita Terus Merasa Kewalahan Menjalani Hidup (2)

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 7 Juli 2016 | 13:00 WIB

Inilah 8 Alasan Mengapa Kita Terus Merasa Kewalahan Menjalani Hidup (2)

Intisari-online.com—Mengapa kita sering merasa hidup ini terlalu ribet dan tidak bisa dijalani dengan simpel? Kita cenderung ingin melarikan diri, berteriak sekuat tenaga, dan melupakan segala persoalan.

Padahal kadang-kadang, bukan keadaan yang membuat kita kewalahan. Tapi, respons kita dalam menjalani hidup itu sendiri. Berikut 8 alasan mengapa kita sulit menjalani hidup dengan lebih tenang.

5. Terlalu banyak keinginan dan harapan

Benar kalau memiliki harapan dan keinginan adalah sesuatu yang wajar dan manusiawi. Namun berharap tanpa pengenalan akan kemampuan dan batasan diri sendiri justru membuat hidup semakin ribet.

Pencapaian memang penting, namun proses hidup itu juga penting. Sebab itu, pikirkanlah baik-baik apa yang sebenarnya perlu untuk kita capai dalam hidup ini. Bertindak bijaksana tidak bisa dilakukan dalam kondisi kita penuh hasrat dan ambisi yang sebenarnya tidak bisa dijalankan.

6. Terlalu banyak ujian dalam hidup

Memang benar, menghadapi berbagai ujian hidup membuat kita cukup kewalahan. Ketika menghadapinya kita selalu terjebak pada dilema. Itulah yang sering membuat hal yang kurang menyenangkan dalam hidup ini terasa begitu berat. Perlu untuk berpikir dengan bijak dan tenang dalam hal ini. Respons yang benar akan membawa keputusan dan tindakan yang benar pula dalam menjalani hidup ini.

7. Tidak fokus karena banyak gangguan

Penggunaan gawai yang tidak bijaksana bisa menjadi hal yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Kegiatan sosial media merupakan makanan sehari-hari bagi semua orang masa kini.

Hal ini merupakan salah satu pengganggu fokus kita terhadap sebuah pekerjaan yang penting. Belum lagi interupsi-interupsi lain yang berasal dari dalam diri, keluarga, teman, dan pekerjaan. Tanpa mengatur diri agar dapat mengendalikan hubungan sosial di dunia maya dan di dunia nyata, pastilah kita mudah mengalami kewalahan tersebut.

8. Konsumerisme

Walau Anda puas dengan membeli ini dan itu, bukan berarti Anda bisa puas dengan benda-benda itu. Perilaku konsumtif yang tinggi adalah penyebab tidak langsung kita mengalami kesulitan untuk menjalani setiap hari dengan lebih ringan.

 

(verywell.com)