Find Us On Social Media :

Biarkan Pikiran Berkeliaran Ketika Sedang Dalam Masalah

By Monalisa Darwin D, Senin, 11 Juli 2016 | 14:30 WIB

Biarkan Pikiran Berkeliaran Ketika Sedang Dalam Masalah

Intisari-Online.com - Ada beberapa alasan mengapa seseorang mendapatkan ide-ide kreatif dan terbaik ketika mereka sedang berjalan atau berpikir secara bebas. Dan, mulai sekarang biarkanlah pikiran berkeliaran ketika sedang dalam masalah karena akan membantu kita lebih kreatif pula.

Studi baru dalam jurnal Psychological Science, yang dilakukan oleh peneliti di Bar-Ilan University Israel, menunjukkan bahwa pikiran bebas dari terlalu banyaknya obrolan akan membuat kita lebih kreatif.

Dalam tiga percobaan yang berbeda, sekitar 20 orang menyelesaikan tugas bebas yang sama (mereka harus cepat menyebutkan hal pertama yang muncul di kepala mereka setelah mendengar serangkaian kata). Namun, dalam setiap percobaan, peneliti memanipulasi “beban kognitif” para peserta dengan berbagai tugas tambahan.

Peneliti menemukan bahwa peserta dengan beban kognitif yang lebih rendah memberikan tanggapan yang lebih kreatif. Bahkan, ketika mengurangi stres, seseorang cenderung lebih tinggi untuk menghindari solusi jelas dan justru mengakses pikiran yang unik. Merenungkan masalah yang sama terus-menerus, terutama saat stres, tidak akan menghasilkan solusi kreatif. Sebaliknya, kita harus pergi dari masalah dan membiarkan kesempatan hadir dalam pikiran. Ini kemudian akan membuat sesuatu yang tidak terduga, yang akan menjadikan solusi atau pemecah masalah hingga terobosan baru. (health.com)