Find Us On Social Media :

Sering Alami 'Bad Mood'? Atasi dengan 5 Cara Ini

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 19 Juli 2016 | 08:30 WIB

Sering Alami 'Bad Mood'? Atasi dengan 5 Cara Ini

Intisari-Online.com — Entah ada alasannya atau tidak, keadaan bad mood memang merugikan. Tidak hanya pada orang yang mengalaminya, namun juga pada orang di sekitar orang yang mengalami tersebut. Walau memang penyebab yang paling sering membuat seseorang menjadi bad mood adalah terjadinya situasi dan kondisi yang tidak diinginkan.

Tidak ada seorang manusia pun yang menginginkan keadaan bad mood. Namun hal ini sering kali terjadi tanpa kendali. Perubahaan suasana hati ini bisa jadi membuat kita tidak nyaman. Bahkan perubahaan mood ini disebut-sebut merupakan gejala depresi klinis. Nah, sebelum bad mood merusak suasana hati dan hubungan dengan orang lain, atasilah dengan 5 cara berikut ini:

1. Jangan salahkan diri sendiri.

Ketika bad mood melanda, janganlah terlalu keras terhadap diri Anda sendiri. “Seharusnya saya tidak begini,” , “seharusnya saya…,” dan keharusan lainnya yang membuat diri Anda semakin tertekan.

Ketimbang menyalahkan diri sendiri, terimalah situasi Anda tersebut. Bukanlah sesuatu yang buruk jika kita mengalami perasaan yang tidak aman. Bad mood adalah emosi yang bisa saja terjadi pada semua orang.

2. Jangan tularkan bad mood Anda

Tidak ada alasan bagi orang lain untuk mengerti bahwa Anda sedang bad mood. Orang-orang di sekitar Anda tentu tidak bersalah, mengapa harus menggiring mereka pada suasana hati Anda yang tidak baik?

Jika Anda sering meminta pengertian orang lain saat Anda sedang bad mood, itulah tandanya Anda adalah pribadi yang egois. Berusahalah meredam ego Anda, minta maaf pada orang yang ada di sekitar Anda mengenai situasi hati Anda yang sedang tidak baik.

3. Cari tahu penyebab bad mood

Jika Anda mengalami bad mood, upayakanlah untuk mencari tahu penyebabnya. Ketimbang membiarkannya, mencari tahu mengapa suasana hati Anda begitu buruk adalah lebih baik. Dengan mencari penyebabnya, kita juga akan lebih mampu untuk mengatasinya.

4. Menolong orang yang membutuhkan

Mungkin terdengar aneh. Bagaimana mungkin menolong orang lain saat suasana hati tidak baik. Namun cobalah segera! Ternyata menolong orang lain di saat suasana hati kita kurang baik justru sangat membantu pemulihan hati kita.