Find Us On Social Media :

Begini Caranya Membangun Hubungan Saling Percaya dengan Pasangan

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 21 Juli 2016 | 07:00 WIB

Begini Caranya Membangun Hubungan Saling Percaya dengan Pasangan

Intisari-online.com - Kepercayaan adalah sebuah keharusan dalam sebuah hubungan yang sehat dan bahagia. Bahkan agar hubungan terjalin semakin dalam dan bermakna, Anda dan pasangan harus terus saling percaya.

Berikut lima langkah penting bagi Anda yang ingin membangun rasa saling percaya dan hubungan yang lebih kuat.

1. Jadilah diri sendiri

Jika Anda ingin membangun rasa saling percaya dengan pasangan, Anda harus jujur menunjukkan siapa diri Anda sendiri. Jadilah 100% diri Anda, jangan berpura-pura. Apalagi berdusta hanya untuk menyenangkan hati pasangan.

Biarkan pasangan Anda mengetahui apa yang Anda sukai, kegemaran Anda, dan pendapat Anda secara terbuka. Pastikan pasangan Anda mengenali kepribadian Anda seutuhnya.

2. Melepaskan keinginan untuk mengontrol pasangan

Cara lainnya untuk meningkatkan kepercayaan antarpasangan adalah dengan melepaskan keinginan Anda untuk mengontrol hubungan. Ikuti saja perjalanan hubungan Anda. Berikan kesempatan bagi salah satu pasangan untuk memimpin hubungan. 

Jangan berupaya untuk mengatur pasangan Anda terkait dengan pilihan, keputusan, dan pendapatnya. Saling memberi kebebasan sangatlah penting dalam sebuah hubungan.

3. Terbuka satu sama lain

Untuk meningkatkan rasa percaya, Anda perlu membuka diri dan membiarkan pasangan Anda masuk ke dalam hidup Anda.  Setelah itu, baru Anda bisa menjadi lebih dekat dengannya. Anda perlu rela untuk mengizinkan pasangan Anda mengetahui masa lalu bahkan bagian tersuram dalam diri Anda.

Memang, tidak mudah untuk membuka rahasia masa lalu dan keburukan pada pasangan. Namun untuk sebuah hubungan yang saling menerima, Anda wajib memberitahunya. Saling berbagi dan saling terbuka akan membuat hubungan menjadi lebih intim.

4. Jadilah jujur