Find Us On Social Media :

Belajarlah Mengenali Sumber Masalah Sebelum Menghadapinya

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 22 Juli 2016 | 12:30 WIB

Belajarlah Mengenali Sumber Masalah Sebelum Menghadapinya

Intisari-Online.com—Sebelum kita memasuki kandang singa, diskusilah terlebih dahulu dengan gajah di dalam sebuah ruangan. Inilah sebuah kiasan yang menggambarkan bagaimana kita harus mengenali karakter dari masalah yang akan kita hadapi.

Percaya atau tidak semua sumber masalah Anda pasti memiliki karakternya sendiri. Entah itu masalah di kantor dengan atasan Anda, masalah keluarga, masalah politik. Semua masalah memiliki karakternya sendiri. Sehingga menghadapinya juga memerlukan kekuatan yang berbeda pula.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa bagaimana cara pandang kita dalam menghadapi masalah akan menolong kita untuk menghadapi masalah dengan bijak. Berikut contohnya: Guru yang merefleksikan sumber masalah yang sering terjadi di kelas sebelum ia mengajar. Dari pada mengeluh, lebih baik mengenali sumber masalah tersebut. Bahkan ia akan menemukan banyak hal juga untuk mengembangkan anak didiknya melalui refleksi itu.

Kemudian manajer yang mengenali karakter karyawannya sebelum rapat mingguan. Ada pula orang tua yang mengenali karakter anaknya sebelum berinteraksi dengannya. Dalam hubungan yang romantis juga begitu, mengenali karakter masing-masing pasangan sebelum konflik merusak hubungan.

Nah, jika kita ingin menerapkan cara ini, coba tanyakan beberapa pertanyaan refleksi ini sebelum menghadapi masalah:

1. Apa yang menjadi kekuatan dari orang yang dengannya saya akan bicara?

2. Bagaimana karakter mereka di masa sebelumnya? Apakah hal ini merupakan kepribadian yang sering ditunjukkannya?

3. Bagaimana kira-kira ia akan menghadapi permasalahan yang sedang kami alami?

4. Apakah saya memiliki kekuatan karakter yang membuat saya bisa merasa dan dirasa nyaman oleh orang ini?

Mengenali dan mendiskusikan sumber masalah kehidupan dengan diri sendiri terlebih dahulu, merupakan langkah bijak yang membuat kita bisa mengendalikan masalah dengan sukses.

(psychologytoday.com)