Find Us On Social Media :

Ini Dia Cara Positif untuk Menyelesaikan Masalah Keluarga

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 23 Juli 2016 | 15:00 WIB

Ini Dia Cara Positif untuk Menyelesaikan Masalah Keluarga

Intisari-Online.com - Semua keluarga tentu memiliki dan akan melewati masa konflik atau krisis. Sebagai anggota keluarga, kita perlu bijaksana dan mengambil tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang tepat. Kita harus mengetahui cara positif untuk menyelesaikan masalah keluarga berikut ini!

1. Jangan pernah menambahkan “api” dalam permasalahan. Seperti yang kita ketahui, masalah atau perkelahian hanya akan terjadi ketika dua sisi dalam keadaan marah atau bermusuhan. Terlibat langsung ataupun tidak kita dalam masalah, kita tidak perlu menambah gosip atau apapun yang akan menjadikan perkelahian semakin besar.

2. Dalam masalah keluarga, sebagian orang terus menyalahkan bukan memilih untuk bertanggun jawab. Beri pengertian pada anggota keluarga yang sedang berkonflik untuk ingat tentang tanggung jawabnya dalam keluarga dan bila kita terlibat dalam masalah, kita harus menenangkan diri dan juga mengingat tanggung jawab kita.

3. Kita harus mau dan saling terbuka untuk berkompromi bersama anggota keluarga. Hal ini dapat menyelesaikan masalah sekecil atau sekonyol apapun itu. Mulailah mengajak anggota keluarga untuk mau berkompromi.

4. Tak ada yang lebih penting dari komunikasi dalam sebuah hubungan, termasuk dalam hubungan keluarga. Ketika berkomunikasi, maka akan jauh dari kesalahpahaman termasuk menyelesaikan masalah yang ada. Coba untuk mengidentifikasi penyebab konflik serta solusi yang paling memungkinkan untuk menyelesaikannya.

5. Jangan biarkan anggota keluarga membuat kelompok-kelompok yang justru akan memperbesar masalah. Pastikan seluruh anggota keluarga tetap berhubungan bersama sebagai sebuah tim, yang saling membantu.

6. Ajak pula anggota keluarga untuk berkomitmen tentang tujuan yang ingin dicapai. Komitmen akan membantu kita untuk bersama menemukan solusi terbaik ketika mengalami masalah atau konflik. Ini juga akan menghindari konflik datang kembali nantinya.

7. Cara positif untuk menyelesaikan masalah keluarga yang terakhir adalah dengan berbicara kepada semua anggota keluarga yang terlibat masalah. Ini akan membantu kita mengetahui penjelasan dari kedua sisi, yang selanjutnya akan membantu kita menemukan akar permasalahan sekaligus solusi yang tepat. (magforwomen.com)