Find Us On Social Media :

Bagaimana Bila Anda Menjadi Bos untuk Teman Anda? (1)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 24 Juli 2016 | 09:00 WIB

Bagaimana Bila Anda Menjadi Bos untuk Teman Anda? (1)

Intisari-Online.com - Hubungan pertemanan memang akan sedikit menyulitkan ketika masuk ke dalam urusan pekerjaan. Tak sedikit orang yang memiliki sahabat sekaligus menjadi karyawannya sendiri. Untuk menghindari segala hal yang tidak diinginkan di tempat kerja dan tetap menjaga baik hubungan pertemanan serta rekan kerja, berikut ini adalah tips bagaimana bila Anda menjadi bos untuk teman Anda sendiri:

1. Berbicara padanya ketika ia datang pada Anda

Segala sesuatu yang disampaikan oleh sahabat Anda, harus Anda bicarakan secara tepat. Anda perlu juga menjelaskan bahwa seluruh karyawan diperlakukan sama dan sesuai dengan kinerjanya masing-masing. Dalam lingkungan pekerjaan, hubungan pertemanan harus dikesampingkan. Ini harus menjadi pengertian bersama agar tidak terjadi kesalahpahaman. Ketika sudah jam pulang atau waktu di luar pekerjaan, hubungan pertemanan tetaplah berjalan dan tidak boleh menyangkutkan urusan pekerjaan. Hal ini bila berjalan dengan baik, maka akan menjadikan Anda dan sahabat Anda sebagai seorang profesional.

2. Memberinya ruang atau kesempatan

Ini berarti dalam setiap kesempatan di lingkungan pekerjaan, Anda harus memberikan sahabat Anda ruang berpendapat, memberikan ide, hingga tugas untuk proyek yang besar. Sebagai bos, Anda tidak boleh mendominasi dan membedakan setiap karyawan. Bukan berarti teman Anda lantas ia tidak mendapatkan kesempatan untuk berkembang dan selalu membiarkannya bersantai di lingkungan kerja. Anda harus menjadi seorang atasan yang profesional dan menunjukkan contoh sebagai seorang yang berwibawa serta bertanggung jawab. Seseorang akan merasa lebih dihargai dan dipercaya ketika mereka mendapatkan kesempatan atau ruang dalam sebuah proyek.

3. Memberikan pujian kepadanya

Seakrab atau sedekat apapun Anda dengan teman Anda, jangan hanya terus mencela atau memberikan tanggapan negatif kepadanya. Biasanya tanggapan negatif kepada teman juga hanya dianggap sebagai sebuah lelucon, sehingga ini akan membuat teman Anda tidak akan berkembang menjadi lebih baik dalam pekerjaan. Berikanlah pujian atas pekerjaan yang telah berhasil ia lakukan meski sekecil apapun. Ketika mendapatkan pujian, seseorang cenderung akan lebih percaya diri dan akan melakukan hal yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Teman Anda pun akan lebih termotivasi dan Anda akan dinilai sebagai atasan yang luar biasa.

4. Mendengarkannya

Dalam setiap hubungan, berbicara dan meluangkan waktu untuk mendengarkan adalah hal yang sangat penting. Tidak berarti Anda sebagai atasan kemudian terus berbicara atau memerintah karyawan termasuk teman Anda. Anda tetap harus mendengarkan apapun yang ia sampaikan terkait pekerjaan. Ia juga tentunya membutuhkan orang yang peduli dan mendukungnya terutama untuk karier dan pekerjaannya. Ketika Anda mendengarkannya, ia akan merasa dihargai dan Anda pun akan diperlakukan dengan sama nantinya.