Find Us On Social Media :

Berterima Kasih dan Bersyukur Membawa Banyak Kebaikan Bagi Kita

By Tika Anggreni Purba, Senin, 25 Juli 2016 | 14:30 WIB

Berterima Kasih dan Bersyukur Membawa Banyak Kebaikan Bagi Kita

Intisari-Online.com—Jangan merasa tertolak jika kita sering mengucapkan terima kasih pada orang lain, namun orang itu melakukan sebaliknya. Karena rasa syukur dan terimakasih, bukan saja untuk mengapresiasi orang lain, namun ternyata sangat bermanfaat bagi kita.

Memiliki karakter yang mampu untuk bersyukur dan berterima kasih merupakan sebuah kemajuan dalam kesehatan mental. Selain itu, bersyukur juga mengembangkan berbagai aspek dalam hidup kita. Seperti kondisi emosi, reputasi, bahkan hubungan dengan sesama. Berikut manfaat lainnya:

1. Bersyukur membuat kita dipandang lebih positif dan hangat oleh orang lain

Orang yang selalu mengekpresikan rasa syukurnya dengan ucapan terima kasih merupakan orang yang hangat bagi orang lain. Ucapan terima kasih yang simpel, dapat membawa orang lain melihat sisi hangat dan lebih tertarik untuk membangun hubungan dengan  kita.

2. Rasa syukur bisa membuat kita lebih gembira

Efek dari rasa syukur sangat linear dengan kesehatan mental dan kepuasan hidup. Rasa syukur biasanya melahirkan optimisme, harapan, dan kasih sayang. Orang yang bersyukur mengalami level tertinggi dari emosi seperti suka cita, antusias, empati, pemaaf, dan penolong. Ia juga mampu menghadapi stres dengan lebih terkendali.

3. Bersyukur menolong kita untuk menemukan kekuatan dalam sebuah hubungan

Sarah Algoe, penulis Find-Remind-Bind sebuah teori tentang rasa syukur dan terima kasih, menyatakan bahwa rasa syukur memberikan kekuatan dalam sebuah hubungan.

Mengucapkan terima kasih pada orang yang kita sayangi berperan penting untuk membuat hubungan menjadi lebih erat.

(psychologytoday.com)