Find Us On Social Media :

Beberapa Tips Menjadi 'Single Parent' yang Harus Diketahui! (2)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 30 Juli 2016 | 07:00 WIB

Beberapa Tips Menjadi 'Single Parent' yang Harus Diketahui! (2)

Intisari-Online.com - Menjadi single parent atau orangtua tunggal memang akan menjadi pekerjaan yang cukup sulit. Baik seorang ayah ataupun ibu, pekerjaan yang ditanggung akan lebih banyak. Bagaimanapun, bila seseorang harus menghadapinya, beberapa tips menjadi single parent yang harus diketahui berikut ini harus dilakukan!

5. Hindari sikap yang terlalu keras

Single parent akan membuat Anda bekerja ganda, sebagai seorang ibu dan ayah. Namun, ini tidak berarti Anda harus bersikap terlalu keras kepada anak. Biarkan pula anak ikut belajar tentang peran Anda dan luangkanlah waktu secara rutin untuk bersama mereka. Ini juga akan menjadi cara untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda tulus menyayangi mereka. Tak perlu bertindak kasar atas apapun yang dilakukan anak. Berikan pengertian dan tunjukkan sikap yang baik agar mereka pula mengikutinya.

6. Berikan waktu untuk diri sendiri

Mengambil waktu untuk benar-benar sendiri dapat menghilangkan semua hal yang membuat stres atau melelahkan. Untuk menenangkan diri, baik fisik ataupun mental pribadi, wajib dilakukan. Memanjakan diri atau melakukan hal yang disukai sesekali dapat membuat pikiran dan tubuh kembali segar, sehingga Anda akan kembali bekerja dengan semangat yang penuh lagi.

7. Menjadi pemimpin

Tak seharusnya mengharapkan anak-anak untuk memahami peran atau posisi Anda, apalagi bila anak masih kecil. Jangan menuntut apapun dari anak. Tunjukkanlah diri Anda sebagai seorang pemimpin. Seorang pemimpin tidak menuntut, namun bersikap secara bijaksana dalam segala hal. Selalu berhati-hati dalam berbicara dan bertindak, agar anak dengan sendirinya akan bertindak seperti Anda pula.

Itulah beberapa tips menjadi single parent yang harus diketahui. (magforwomen.com)