Find Us On Social Media :

Bagaimana Menjaga Agar Karyawan Tetap Bahagia?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 31 Juli 2016 | 13:30 WIB

Bagaimana Menjaga Agar Karyawan Tetap Bahagia?

Intisari-Online.com - Membuat karyawan untuk nyaman dan selalu senang di tempat kerja adalah bukan hal yang mudah. Tak hanya melihat kondisi serta lingkungan yang menguntungkan, namun sebagai atasan, Anda juga harus melihat apakah mereka termotivasi bekerja secara personal. Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana menjaga agar karyawan tetap bahagia:

Membuat karyawan merasa senang dan nyaman salah satunya adalah dengan cara selalu terbuka atau transparan tentang perusahaan. Ketika menyembunyikan sesuatu pada karyawam, maka akan menghilangkan kepercayaan karyawan pada atasan. Tidak peduli sebanyak apapun tunjungan yang diberikan kepada karyawan, transparansi perusahaan adalah kunci utama untuk membangun kepercayaan, yang kemudian akan membuat karyawan merasa selalu bahagia.

Membuat keterlibatan pada karyawan dengan perusahaan akan membuat karyawan merasa dihargai dan dipentingkan. Karyawan akan memberikan kemampuan terbaik mereka untuk perusahan. Ketika karyawan mendapat bagian dalam organisasi, mereka tak hanya akan merasa senang, namun juga cenderung akan bekerja lebih maksimal dan sadar memiliki tanggung jawab. Dengan demikian, mereka akan berkontribusi dalam hal yang lebih besar untuk kemajuan perusahaan.

Sebagai atasan, tidak perlu terlalu kaku kepada karyawan, termasuk untuk urusan berkomunikasi. Lingkungan yang nyaman dan membuat karyawan dapat berbicara tanpa ragu untuk segala hal terkait perkejaan harus dilakukan. Biarkan semua saling terbuka dan kemudian akan membuat karyawan nyaman serta senang. Entah masalah ataupun kabar baik, karyawan dan atasan seharusnya berbicara agar saling mengetahui.

Meski cenderung mengerti dan tahu apa yang terbaik, namun atasan terkadang perlu meminta masukan kepada karyawannya. Selain menimbulkan rasa senang karena merasa dilibatkan dalam perusahaan, karyawan juga bisa menyimpan banyak ide atau solusi yang sebenarnya sedang dibutuhkan.

Memberikan penghargaan, meskipun dalam bentuk yang kecil akan membuat karyawan senang dan lebih bersemangat kerja lagi. Jangan ragu untuk memberikan penghargaan atau sebagai ucapan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan karyawan. Selain itu, memberikan tambahan tunjangan juga dapat dilakukan.

Itulah bagaimana menjaga agar karyawan tetap bahagia. (magforwomen.com)