Find Us On Social Media :

Ini Dia Tips Untuk Berkomunikasi Baik Dengan Seluruh Anggota Keluarga

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 6 Agustus 2016 | 14:30 WIB

Ini Dia Tips Untuk Berkomunikasi Baik Dengan Seluruh Anggota Keluarga

Intisari-Online.com - Kesibukan kerja atau kegiatan sehari-hari lainnya mungkin membuat kita jarang berkomunikasi dengan anggota keluarga, terlebih bersama anggota yang sudah tidak tinggal satu rumah. Hal ini selanjutnya dapat merengangkan hubungan keluarga. Jadi, ini dia tips untuk berkomunikasi baik dengan seluruh anggota keluarga yang perlu dilakukan:

1. Hal utama yang perlu dilakukan adalah membangun ikatan terhadap anggota keluarga untuk mendorong adanya komunikasi yang sehat, terbuka, saling percaya serta menghormati satu sama lain. Terapkan kebiasaan untuk selalu saling bercerita tentang apapun kepada keluarga.

2. Mendengarkan satu sama lain juga menjadi kunci untuk terbentuk komunikasi yang efektif. Menanamkan kebiasaan mendengarkan pada masing-masing anggota keluarga akan menimbulkan rasa tertarik, sehingga membuat kita lebih responsif.

3. Selalu juga bawa anggota keluarga kepada hal yang positif. Hindari apapun yang mengarah pada hal negatif, dimana akan menyebabkan hubungan buruk. Baik berkomunikasi maupun bertindak, cobalah untuk positif dan tidak menyakiti satu sama lain.

4. Selanjutnya adalah menerapkan komitmen dalam hubungan keluarga. Komitmen akan menjadikan inspirasi untuk percaya pada masing-masing anggota keluarga. Dengan cara ini, maka akan meningkatkan kepercayaan dalam diri dan keluarga.

5. Tidak hanya kata-kata yang diucapkan, bahasa tubuh juga perlu diperhatikan karena itu dapat menunjukkan maksud yang tersimpan. Menjaga ekspresi tubuh, nada bicara, dan gerakan tubuh adalah unsur penting dalam berkomunikasi.

6. Tips untuk berkomunikasi baik dengan seluruh anggota keluarga yang terakhir adalah meluangkan waktu yang berkualitas. Sebagian orang sibuk dengan pekerjaannya, yang akhirnya membuat hubungan bersama keluarga tidak baik. Agendakan secara rutin waktu untuk bersama keluarga, entah untuk makan malam bersama atau piknik. Ini kemudian akan meningkatkan ikatan menjadi lebih erat. (magforwomen.com)