Find Us On Social Media :

10 Trik Psikologis Untuk Tingkatkan Kreativitas (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 13 Agustus 2016 | 12:30 WIB

10 Trik Psikologis Untuk Tingkatkan Kreativitas (1)

Intisari-Online.com - Kreativitas pada diri seseorang dapat dilatih dan dikembangkan dengan usaha yang maksimal. Cobalah untuk mecari hal-hal yang dapat menginspirasi agar membantu untuk fokus pada perhatian serta energi mental, sehingga memicu kreativitas. Dan, inilah 10 trik psikologis untuk tingkatkan kreativitas dalam keseharian:

1. Berjalan-jalan

Dalam studi di tahun 2014, disebutkan bahwa orang cenderung lebih kreatif kreatif ketika mereka berjalan-jalan daripada hanya menghabiskan waktu dengan duduk. Penelitian sebelumnya bahkan menunjukkan aktivitas fisik secara teratur ternyata berperan penting dalam meningkatkan serta melindungi kemampuan kognitif, namun penelitian ini menemukan bahwa berjalan-jalan sederhana mampu meningkatkan jenis berpikir tertentu. Pergilah berjalan-jalan untuk menemukan inspirasi.

2. Memberi penghargaan untuk diri sendiri

Penghargaan atau hadiah seperti menjadi sesuatu yang dapat memberikan efek positif. Termasuk dalam menimbulkan kreativitas. Studi juga menemukan bahwa anak-anak yang memperoleh penawaran hadiah, mampu menghasilkan kreativitas yang meningkat, misalnya dalam gambar. Jadi, untuk menemukan inspirasi, cobalahn menjanjikan diri sendiri untuk mendapatkan hadiah. Ini hanya sebagai pemacu motivasi.

3. Membuat jarak psikologis

Sebagian orang sering menyarankan untuk beristirahat ketika menghadapi pekerjaan yang rumit atau masalah. Peneliti menemukan ketika seseorang membayangkan masalah yang sedang dihadapi ini sebagai hal yang jauh atau tidak berhubungan dengan kenyataan saat ini, maka mereka lebih banyak menghasilkan solusi yang kreatif.

4. Kelilingi diri dengan inspirasi

Mihaly Csikszentmihalyi, psikolog positif, menunjukkan bahwa lingkungan juga berperan dalam proses kreatif seseorang. Lingkungan dapat menjadi fasilitas seseorang berpikir kreatif dan menemukan insipirasi serta motivasi. Ciptakanlah suasana sekitar yang dapat merangsang kreatifitas, entah itu di tempat kerja, di rumah, dan lainnya.

5. Buat larangan

Dalam memecahkan masalah, cobalah untuk menempatkan beberapa larangan atau batasan pada pemikiran yang dapat digunakan untuk menghasilkan solusi yang lebih kreatif. Lebih memungkinkan seseorang mendapatkan ide-ide baru yang lebih inovatif.