Find Us On Social Media :

Tak Sekadar Dewasa Umur, Inilah 18 Tanda Kecil Menunjukkan Kedewasaan Seseorang (2)

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 17 Agustus 2016 | 16:00 WIB

Tak Sekadar Dewasa Umur, Inilah 18 Tanda Kecil Menunjukkan Kedewasaan Seseorang (2)

Intisari-Online.com—Dalam film klasik berjudul Big di tahun 1988, diceritakan bahwa seorang anak kecil terbangun dalam tubuh orang dewasa. Tubuhnya orang dewasa namun jiwanya anak-anak.

Namun apakah tubuh yang meninggi dan umur yang bertambah terus dapat dikatakan sebagai orang dewasa sepenuhnya? Tentu tidak, sebab kedewasaan tidak hanya diukur dari usia saja. Jadi, apa yang menjadi tanda kedewasaan itu?

Berikut ini 19 tanda kecil yang menunjukkan Anda lulus dalam uji kedewasaan. Walau tidak mewakili sepenuhnya, Anda layak dikatakan dewasa jika sudah mampu melakukan hal kecil ini:

10. Berbicara dengan sopan dan ramah pada orang lain

Kapan saja kita bisa bertemu dengan orang-orang yang baru. Apa yang biasa And lakukan ketika bertemu dengan orang yang baru?

Orang yang dewasa biasanya menyapa dengan sopan dan ramah. Artinya sewajarnya dan secukupnya, tidak berlebihan. Memulai percakapan dengan orang yang baru akan membuat orang lain juga lebih terbuka dan ramah pada kita.

11. Menunjukkan kegigihan dan ketegaran

Kedewasaan berarti tidak hanya duduk dan menunggu apa yang akan terjadi pada diri sendiri. Namun, beranjak dan melakukan sesuatu. Ia memaksa dirinya untuk berkembang menjadi lebih baik.

Orang yang dewasa menjadikan kesibuka sebagai cara untuk mengembangkan diri. Dengan begitu, ia tidak hanya menjadi lebih gigih, namun juga terarah. Berbagai pengalaman juga membuatnya semakin tegar dalam menghadapi berbagai persoalan.

12. Meminta pertolongan

Hal ini mungkin terlihat kontradiktif, bukankah seorang yang dewasa harus mandiri? Ya, benar memang harus begitu. Namun bukan berarti kita tidak membutuhkan pertolongan orang lain, kan?

Adakalanya untuk menghasilkan keputusan dan tindakan yang baik dalam diri, kita membutuhkan nasihat, bimbingan, dan saran dari orang lain. Khususnya dalam pekerjaan, seseorang yang meminta nasihat dan pertolongan dari orang lain menjadikan orang tersebut terlihat lebih kompeten.