Find Us On Social Media :

Tidak Ikut-ikutan Adalah 1 dari 8 Ciri Orang Dengan Konsep Diri yang Sehat (2)

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 19 Agustus 2016 | 07:00 WIB

Tidak Ikut-ikutan Adalah 1 dari 8 Ciri Orang Dengan Konsep Diri yang Sehat (2)

Intisari-Online.com—Kita tidak bisa menyenang semua orang di dunia ini. Itulah komitmen yang dimiliki oleh orang yang ingin mengembangkan konsep diri yang baik. Sebab salah satu kegagalan yang membuat orang lain hidup tanpa konsep diri yang baik adalah selalu beruhasa menyenangkan semua orang.

Apakah kita berharap untuk hidup dengan harga diri yang kuat yang dapat mengurangi kelelahan emosional? Maka inilah saatnya untuk belajar dari orang-orang yang hidup dengan konsep diri yang sehat. Berikut delapan cirinya!

5. Tidak ikut-ikutan

Orang dengan konsep diri yang baik tidak melakukan kegiatan yang berdasar pada tindakan ikut-ikutan. Dia nyaman sekalipun tidak sama dengan orang lain. Bukan berarti memisahkan diri, namun ia memiliki prinsip sendiri. Tidak masalah bagi jika tidak mengikuti tren atau apapun itu.

6. Percaya pada kemampuan orang lain

Orang dengan konsep diri yang baik tidak egois. Ia tidak mementingkan dirinya sendiri. Sebab ia percaya bahwa orang lain juga memiliki kemampuan. Ia sangat menghargai kemampuan, bakat, dan talenta yang dimiliki oleh orang lain. Sehingga tidak ada tendensi dalam dirinya untuk menyombongkan diri.

7. Bertanggung jawab untuk perbuatan dan perkataannya

Bisakah perkataan dan perbuatannya dipertanggunjawabkan? Bisa! Orang yang memiliki konsep diri yang baik menepati janji dan berusaha sepenuhnya untuk mempertanggungjawabkan segala tindakan dan perkataannya.

8. Tidak ambil pusing dengan masa lalu

Dia tahu benar kalau masa lalu adalah masa lalu dan masa kini adalah masa kini. Ia paham benar bahwa untuk mendapatkan kesehatan emosional yang terus terjaga ia harus berani melupakan masa lalu yang buruk. Seorang dengan konsep diri yang kuat menolak kontrol dari masa lalu dalam kehidupannya.

 

(psychologytoday.com)