Find Us On Social Media :

Peneliti Ungkap 'Makhluk Kuat' yang Bisa Hidup di Laut Terdalam Termasuk Palung Jawa

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 10 November 2022 | 16:43 WIB

Peneliti Ungkap 'Makhluk Kuat' yang Nyatanya Bisa Hidup di Kedalaman

Intisari-Online.com - Pada awal tahun ini, sebuah tim peneliti yang menarik bangkai kapal perusak Perang Dunia II yang hilang di Laut Filipina, kembali ke daratan dengan temuan yang lebih menarik.

Melansir Live Science, Selasa (18/1/2022), mereka membawa bukti video cumi-cumi yang berenang di kedalaman laut paling dalam.

Menjelajah tepat di atas dasar Palung Filipina, cumi-cumi sirip besar berenang pada kedalaman 6.200 meter, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya pada kedalaman 4.700 meter di bawah Samudra Pasifik.

Para peneliti juga menemukan empat gurita dumbo pada kedalaman yang sama.

Menurut rekan penulis studi Michael Vecchione, ini adalah kedua kalinya dumbo diamati begitu dalam.

Temuan ini sekaligus membuktikan bahwa pengamatan sebelumnya terhadap cephalopoda bersirip floppy di Palung Jawa bukan hanya kebetulan.

Palung Jawa sendiri merupakan kenampakan jurang dasar laut yang ada di bagian timur Samudera Hindia yang membentang dari barat daya pantai Sumatera dan Jawa.

Palung Jawa memiliki kedalaman rata-rata 7.140 meter, dan memiliki pandang 2.600 meter.

Dikenal pula dengan nama Sunda Double Trench, palung ini disebut menjadi lokasi titik terdalam dari Samudera Hindia yaitu di kedalaman 7.450 meter.

"Penyelaman ini menunjukkan bahwa beberapa jenis cephalopoda dapat hidup setidaknya di bagian atas parit laut yang sangat dalam ini," Vecchione, ahli zoologi dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengatakan.