Find Us On Social Media :

Lakukan Hal Berikut Ini Bila Anak Tidak Mau Mendengarkan! (1)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 21 Agustus 2016 | 08:00 WIB

Lakukan Hal Berikut Ini Bila Anak Tidak Mau Mendengarkan! (1)

Intisari-Online.com - Kebanyakan orangtua sulit menghadapi anaknya yang tidak mau mendengarkan. Ada banyak alasan mengapa anak tidak mau mendengarkan. Sebagai orangtua, Anda tidak seharusnya memarahi anak, namun justru mencaritahu serta mengatasinya dengan cara sebaik mungkin. Cobalah lakukan hal berikut ini bila anak tidak mau mendengarkan!

1. Jadilah rule mode

Anak akan lebih sering meniru orangtuanya dalam berbagai hal. Oleh karenanya, jadilah rule mode bagi anak. Misalnya, tepati janji bila telah membuat janji sekecil apapun itu. Ini akan sangat memengaruhi anak. Termasuk dalam mendengarkan serta memberikan kesempatan orang lain berbicara, dimana kita harus menghargai dengan mendengarkan.

2. Jangan membuat janji palsu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika membuat janji apapun, baik kepada anak ataupun orang sekitar, jangan sampai mengingkarinya. Janji palsu akan menjadikan anak agresif dan melakukan hal yang sama. Terbuka dan jujurlah kepada anak untuk hal apapun yang telah bisa ia ketahui, serta berikan penjelasan terkait hal yang Anda sampaikan kepadanya agar ia lebih memahami.

3. Dengarkan anak

Untuk didengarkan, maka Anda juga harus mendengarkan. Dengarkan semua hal yang anak sampaikan. Bila ada sesuatu yang mencurigakan, cari tahu kebenarnya. Ketika komunikasi terbuka, maka masalah akan teratasi. Pahami pula tanda-tanda verbal maupun non-verbal pada anak. Termasuk pula jangan memaksakan sesuatu yang tidak dikehendaki anak, karena pemahaman yang baik akan mengarah pada kedisiplinan anak.

4. Bermain dengan anak

Meluangkan waktu bersama anak untuk bermain adalah penting. Anak akan merasakan kehadiran orangtuanya dan merasa lebih nayaman. Cara ini juga akan mendekatkan anak dengan Anda dan memungkinkan anak memberitahu mengapa ia tidak ingin mendengarkan anda. Bangun zona nyaman pada anak adalah cara baik untuk membantu masalah ini.