Find Us On Social Media :

Benarkah Jenis Olahraga yang Tepat Ditentukan dari Kepribadian Seseorang?

By Monalisa Darwin D, Kamis, 5 Mei 2016 | 15:45 WIB

Benarkah Jenis Olahraga yang Tepat Ditentukan dari Kepribadian Seseorang?

Intisari-Online.com - Apakah Anda percaya bahwa jenis olahraga yang tepat ditentukan dari kepribadian seseorang? Perilaku dalam kehidupan sehari-hari ternyata berperan penting dalam rutinitas olahraga yang tepat untuk dipilih. Jelas saja saat ini ada orang yang mengikuti zaman dengan olahraga zumba, namun ada pula yang tetap memilih angkat beban.

Penelitian menunjukkan kepribadian seseorang bahkan suasana hatinya akan menentukan jenis olahraga yang akan dinikmati. Misalnya, seorang yang introvert akan memilih jenis olahraga outdoor dan sendirian, orang yang ramah akan memilih kelas olahraga berkelompok, orang yang sedang stres akan memilih yoga.

Untungnya adalah sekarang banyak sekali pilihan berolahraga untuk berbagai orang dan sesuai dengan gaya hidupnya pula. Profesor ilmu manusia di Concordia University di Montreal, James Gavin, mengatakan bahwa aktivitas fisik adalah ungkapan lain dari keinginan serta gaya pribadi seseorang.

Gavin sudah lama bekerja meneliti hal terkait aktivitas dan kepribadian. Ia mengatakan pula bahwa ada cara untuk menunjukkan olahraga terbaik bagi kepribadian seseorang. Ada penelitian yang mendukung teori ini, dimana diterbitkan dalam makalah dari Margaret Schneider, peneliti dari University of California, yang menemukan hubungan antara aktivitas fisik serta dua sistem kepribadian, aktivitas perilaku (BAS), dan penghambat perilaku (BIS).

Menurut Schneider, seseorang yang memiliki skor BAS tinggi lebih termotivasi untuk mendapat imbalan dan berpikir untuk menang dalam perlombaan, sedangkan orang dengan skor BIS lebih tinggi, lebih termotivasi untuk menghindari hukuman. Jadi, orang yang memiliki BIS tinggi lebih mungkin senstifi terhadap isyarat negative, seperti terengah-engah, peningkatan denyut jantung, dan berkeringat.

Tak ada salahnya kita memilih jenis olahraga sesuai dengan apa yang kita sukai. Nikmati apa yang kita suka lakukan dan lihat manfaat positif yang dihasilkan. (Huffingtonpost.com)