Find Us On Social Media :

11 Cara Percepat Metabolisme Mulai dari Bangun Hingga Jelang Tidur

By Ade Sulaeman, Sabtu, 7 Mei 2016 | 06:00 WIB

11 Cara Percepat Metabolisme Mulai dari Bangun Hingga Jelang Tidur

Intisari-Online.com - Ada sistem di dalam tubuh yang bekerja tanpa lelah untuk membantu Anda membakar kalori dan meluruhkan lemak. Sistem ini disebut metabolisme.

Setiap kali Anda makan, enzim dalam sel-sel tubuh akan memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi yang membuat jantung Anda berdetak, pikiran Anda bekerja, dan kaki Anda bisa melangkah.

Metabolisme yang cepat berarti lebih banyak kalori yang terbakar. Semakin banyak Anda membakar kalori, semakin mudah untuk menurunkan berat badan.

Metabolisme tubuh kita tergantung pada jenis kelamin dan genetika. Meski begitu, masih ada banyak ruang gerak untuk memercepat metabolisme.

"Anda memiliki kontrol yang besar atas tingkat metabolisme Anda," kata John Berardi, Ph.D., C.S.C.S., penulis The Metabolism Advantage.

"Anda tidak dapat menentukan berapa banyak kalori yang dibutuhkan untuk menjaga detak jantung Anda, tetapi Anda dapat mbakar 500 sampai 600 kalori ekstra perhari dengan berolahraga dengan benar dan makan yang benar." Plus, melakukan beberapa perubahan sederhana dalam keseharian Anda.

Untuk melakukan perubahan sederhana itu, kami meminta bantuan ahli terkemuka untuk mengungkapkan rahasia percepatan metabolisme yang mudah dilakukan setiap hari.

KETIKA ANDA BANGUN TIDUR

Sarapan sehat

Sarapan sehat setiap pagi. Jika tidak, tubuh Anda masuk ke mode kelaparan, sehingga metabolisme Anda melambat dan tubuh akan menghemat energi, kata Berardi.

Dalam satu studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, para relawan yang mendapat 22-55 persen total kalori harian mereka saat sarapan hanya mendapat kenaikan berat badan 0,7 kg dalam empat tahun.

Mereka yang makan nol sampai 11 persen dari total kalori harian mereka di pagi hari, berat badannya naik hampir dua kilogram.