Find Us On Social Media :

15 Hal yang Dapat Mengubah Bentuk Payudara (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 15 Mei 2016 | 12:00 WIB

15 Hal yang Dapat Mengubah Bentuk Payudara (2)

Intisari-Online.com - Dalam waktu atau siklus tertentu, payudara wanita memang dapat mengalami perubahan, misalnya pada siklus menstruasi. Ada banyak faktor yang memengaruhi payudara, seperti obat-obatan dan diet. Richard Bleicer M.D., ahli onkologi dan direktur Breast Fellowship Program di Fox Chase Cancer Center, Philadelphia juga mengatakan faktor perubahan banyak disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon. Nah, ada 15 hal yang dapat mengubah bentuk payudara yang harus diketahui!

9. Pil KB

Pil KB pertama kali dibuat mengandung dosis yang tinggi dari estrogen, namun sekarang sebagian besar hanya mengandung seperlima dari jumlah aslinya, sehingga mereka tidak memberikan efek. Untuk lebih pasti, pemilihan pil KB yang tepat harus dikonsultasikan dengan dokter.

10. Obat-obatan

Beberapa obat tertentu, seperti jenis anti-psikotik dan anti-depresan, dapat memengaruhi payudara. Risperidal, obat yang dipakai untuk mengobati gangguan bipolar dapat meningkatkan kadar prolaktin, yang dapat menyebabkan payudara mengalami kebocoran ASI, bahkan ketika tidak menyusui. Diuretik, obat yang sering digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dapat mengurangi nyeri payudara dan bengkak dengan mengurangi retensi cairan.

11. Olahraga

Sebuah penelitian di Inggris yang meneliti gerakan payudara selama berolahraga, ditemukan bahwa payudara akan tergoncang sebanyak delapan inci selama berolahraga. Menggunakan bra khusus olahraga dapat mengurangi goncangan pada payudara hingga 78% selama aerobic. Jadi, berolahraga juga akan memengaruhi bentuk payudara wanita.

12. Gigitan serangga

Jika terdapat perubahan pada fisik payudara, seperti kemerahan, bengkak, dan radang, jangan buru-buru berpikir itu adalah kanker payudara. Ini bisa jadi akibat dari gigitan serangga. Akibat dari ini bisa diatasi dengan antibiotik.

13. Kafein

Jaringan payudara sangat sensitif terhadap kafein dan mungkin mengalami fibrokistik payudara, yaitu kondisi yang membuat payudara terasa kental serta sempit. Untuk beberapa orang, ini akan menyakitkan dan semakin buruk pada masa periode. Sebaiknya kurangi asupan kafein setiap harinya.

14. 1Implan