Find Us On Social Media :

Lima Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Gangguan Usus

By Monalisa Darwin D, Jumat, 20 Mei 2016 | 06:30 WIB

Lima Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Gangguan Usus

Intisari-Online.com - Masalah pada usus memang menyebalkan. Perut terasa kram, sakit, sembelit, bahkan diare. Kita yang mengalami gejala-gejala ini disebut dengan gangguan usus atau sindrom iritasi usus. Secara umum, ini merupakan gangguan pada pencernaan dan dengan lima pengobatan rumah untuk mengatasi gangguan usus ini dapat kita coba!

Salah satu teh herbal yang dapat mengatasi sindrom iritasi usus adalah teh chamomile. Campurkan teh kering ke dalam segelas air panas dan biarkan selama 10 menit. Minumlah teh ini dua kali sehari untuk mengatasi kram perut yang berlebihan. Teh perppermint juga dapat membantu meringankan masalah pencernaan dan mengatasi masalah diare.

Campurkan dua sendok makan cuka sari apel ke adalam air putih dan minumlah campuran tersebut sebelum makan. Ini akan meningkatkan pencernaan di dalam tubuh lebih baik dan mengurangi gejala iritasi usus. Cuka sari apel memiliki sifat anti-bakteri yang akan membantu membilas racun di dalam tubuh dan menyembuhkan sembelit.

Hancurkan kapulaga, jahe kering, dan bubuk lada yang halus. Campur semuanya ke dalam segelas air hangat dan minumlah setelah makan. Ini akan membantu menyembuhkan iritasi usus, karena jahe berperan sebagai antibiotik yang merangsang cairan pencernaan dan kapulaga sebagai anti-inflamasi membantu mengurangi gejala iritasi usus.

Satu sendok makan ampas psyllium yang dicampurkan dengan setengah cangkir yoghurt akan membantu mengatasi masalah gangguan usus. Minumlah campuran tersebut setelah makan malam. Psyllium akan melancarkan buang air besar dan perut kembung.

Sejumput asafetida yang dicampur dengan jahe bubuk kering, garam, dan segelas air hangat dapat membantu menghilangkan gejala sindrom iritasi usus. Rempah asafetida memiliki sifat anti-kembung dan anti-inflamasi.

Itulah lima pengobatan rumah untuk mengatasi gangguan usus. Selain itu, aturlah pola makan yang baik jika mengalami masalah iritasi usus, termasuk memilih makanan yang banyak serat dan minum lebih banyak air putih.(magforwomen.com)