Find Us On Social Media :

Memiliki Kesibukan Membawa Manfaat Baik Bagi Otak

By Okke Nuraini Oscar, Jumat, 20 Mei 2016 | 13:30 WIB

Memiliki Kesibukan Membawa Manfaat Baik Bagi Otak

Intisari-Online.com - Salah satu cara terbaik untuk menjaga kemampuan otak agar tetap tajam meskipun usia bertambah adalah dengan terus memiliki kesibukan. Saran ini merujuk pada penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa mengikuti kegiatan yang menantang secara mental memang dapat menjaga kemampuan otak, begitu juga dengan memiliki kesibukan dan jadwal yang teratur. Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 300 orang yang berpartisipasi dalam Dallas Lifespan Brain Study, ditemukan bahwa orang-orang berusia lebih dari 50 tahun dan memiliki jadwal kegiatan yang sibuk memiliki daya ingat yang baik, nalar yang tajam, serta kosa kata yang lebih baik.

Penelitian menyimpulkan, menjaga gaya hidup dan tetap produktif  ternyata penting dan memiliki manfaat yang baik bagi kinerja otak. Ada pula kemungkinan bahwa memiliki kesibukan meningkatkan kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru, karena mungkin akan menghadapi situasi, orang-orang, dan informasi yang baru dan berbeda setiap harinya, menurut para peneliti.

Lalu bagaimana dengan stres yang bisa saja datang di tengah kesibukan yang padat? "Kami tentu menyadari bahwa menjadi sangat sibuk dapat mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Intinya adalah sibuk berkegiatan memiliki banyak manfaat postif," kata Denise Park, direktur penelitian di Center for Vital Longevity, University of Texas, Dallas. Park mengatakan timnya berencana untuk lebih mempelajari efek dari kesibukan pada otak untuk lebih menguraikan faktor-faktor yang meningkatkan atau menghambat kemampuan kognitif di kemudian hari.

(Alexandra Sifferlin/ Time.com)