Find Us On Social Media :

Bolehkah Kita Olahraga dengan Perut Kosong? Berikut Penjelasan Ilmiahnya yang Lengkap (1)

By Lila Nathania, Minggu, 22 Mei 2016 | 06:00 WIB

Bolehkah Kita Olahraga dengan Perut Kosong? Berikut Penjelasan Ilmiahnya yang Lengkap (1)

Intisari-Online.com – Ada orang yang berkata bahwa olahraga idealnya dilakukan saat perut kosong. Ada juga yang berkata sebaliknya sehingga kita menjadi bingung. Bolehkah Kita berolahraga dengan perut kosong? Berikut penjelasan ilmiahnya yang lengkap.

Selama ini memang masih banyak perdebatan yang terjadi tentang boleh tidaknya berolahrga dengan perut kosong. Banyak penelitian yang berkata bahwa olahraga dengan perut kosong membakar lemak dan banyak juga studi lain yang berkata bahwa olahraga dengan perut kosong meningkatkan risiko cedera. Jadi, manakah yang benar?

Kelly Pritchett, seorang spesialis olahraga dan profesor di bidang nutrisi Central Washington University berkata bahwa hal ini bukanlah aturan yang kaku. Makan sebelum olahraga bisa membantu menambah glikogen atau karbohidrat yang disimpan oleh tubuh. Glikogen inilah yang membantu kita merasa berenergi saat berolahraga.

Olahraga dengan perut kosong akan membuat tubuh memaksa diri untuk membakar lemak karena glikogen tidak ada. Walaupun membakar lemak adalah harapan setiap orang, ternyata proses ini tidak seperti yang Anda bayangkan. Pasalnya, proses pembakaran lemak ini juga bisa membuat kita kehilangan otot.

Kehilangan otot pada akhirnya akan membuat kita tidak bisa membakar lemak. Selain itu, orang yang berolahraga dengan intensitas tinggi tanpa makan akan merasa pusing dengan cepat. Jadi, jika Anda ingin berolahraga dengan ekstrem, jangan lupa untuk makan terlebih dahulu. Nah, ada waktunya juga kita boleh berolahraga saat perut kosong. Saat kapan?

 (yahoo.com)