Find Us On Social Media :

Tujuh Tanda Kesehatan yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita

By Monalisa Darwin D, Senin, 23 Mei 2016 | 09:30 WIB

Tujuh Tanda Kesehatan yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita

Intisari-Online.com - Semua penyakit berawal dari gejala atau tanda yang muncul dari tubuh. Bagi wanita, ada beberapa hal abnormal yang terjadi yang mengidentifikasi penyakit tertentu dan berbahaya. Nah, inilah tujuh tanda kesehatan yang tidak boleh diabaikan wanita dan harus segera diperiksakan:

1. Kelelahan yang berlebih

Wanita yang sudah merasa tidur cukup dan baik, mengonsumsi makanan sehat, dan memiliki kebiasaan yang sehat pula, namun kelelahan tetap terasa, ini dapat menjadi tanda berbagai masalah kesehatan. Kelelahan yang berlebih bisa menunjukkan bahwa adanya ketidakseimbangan hormon, depresi, kekurangan vitamin, hingga penyakit jantung.

2. Sakit perut secara teratur

Terlalu sering sakit perut dan secara konstan, dapat menjadi gejala dari berbagai penyakit pula, seperti batu empedu, radang, sembelit, hingga penyakit serius seperti kanker usus besar.

3. Nyeri dada

Nyeri dada pada wanita tidak boleh dianggap sepele, karena ini dapat menjadi tanda umum dari penyakit jantung. Bentuk nyeri dada yang lainnya juga dapat meliputi rasa linu di sisi dada, sesak napas, ataupun rasa tidak nyaman di sekitar dada.

4. Munculnya bercak di kulit atau tahi lalat

Kemunculan bercak pada kulit secara tiba-tiba, termasuk tahi lalat mungkin menjadi tanda awal dari melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit. Bahkan, bila memiliki tahi lalat sejak lahir, pantaulah perkembangannya karena jika mendadak mengalami perubahan, termasuk warna, bentuk, dan kuran, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

5. Benjolan di dada

Tentunya wanita harus waspada bila mendapati adanya benjolan di sekitar dada, termasuk payudara. Ini dapat menjadi tanda dari kanker payudara. Sekecil apapun benjolan yang terasa, harus segera diperiksakan pada dokter untuk mendapatkan kepastian dan penanganan.

6. Penurunan berat badan yang tidak menentu atau terlalu ekstrim