Find Us On Social Media :

Perhatikan Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Anak di Sekolah Berikut Ini!

By Monalisa Darwin D, Jumat, 27 Mei 2016 | 06:00 WIB

Perhatikan Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Anak di Sekolah Berikut Ini!

Intisari-Online.com - Salah satu tempat yang paling sering membuat anak sakit adalah sekolah. Di sekolah anak bebas bermain dan mengonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat. Ini adalah tugas orang tua yang sangat penting dan harus selalu memastikan anak terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips menjaga kesehatan anak di sekolah berikut ini agar anak selalu memiliki tubuh yang bugar:

1. Mencuci tangan sesering mungkin

Tangan menjadi bagian tubuh yang sering terkontak dengan kotoran. Tangan yang kotor akan menyebabkan banyak kuman serta penyakit ketika anak makan. Biasakan anak untuk mencuci tangan agar mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit.

2. Jangan berbagai penggunaan botol atau sendok dengan siapapun

Di sekolah, anak sering membawa atau membeli makanan masing-masing dan anak cenderung berbagi bersama temannya. Ini yang kemudian membuat anak sakit. Berbagi peralatan anak dapat menularkan virus atau bakteri, yang selanjutnya memengaruhi kesehatan anak.

3. Jangan mengonsumsi junk food

Terapkan kebiasaan tidak mengonsumsi junk food pada anak sedini mungkin. Usahakan untuk anak selalu sarapan sebelum pergi ke sekolah agar anak tidak cepat lapar. Bila memungkinkan, siapkan makanan untuk bekal anak ke sekolah daripada ia harus membeli makanan di luar.

4. Jangan menerima apapun dari orang di sekolah apalagi yang tidak dikenal

Selalu ingatkan anak agar tidak menerima apapun dari orang yang tidak dikenal, termasuk dari teman-temannya. Segala hal harus diantisipasi agar anak selalu pula aman. Hal ini juga termasuk menghindari anak dari obat-obatan terlarang dan pelecehan seksual.

5. ‘Persenjatai’ anak dengan pertolongan pertama

Penyakit umum yang dialami anak, seperti pilek, batuk, bersin, harus ditangani orang tua dengan segera. Pertolongan pertama yang kilat harus dikuasai orang tua. Selain itu, orang tua juga bisa sambil memberitahu anak tentang pertolongan pertama sebagai pengetahuan untuknya.

Yuk, perhatikan beberapa tips menjaga kesehatan anak di sekolah berikut agar anak selalu memiliki tubuh yang fit.(magforwomen.com)