Find Us On Social Media :

5 Jenis Makanan Ini Justru Membantu Kita Menurunkan Berat Badan, Lo!

By Tika Anggreni Purba, Senin, 30 Mei 2016 | 15:20 WIB

5 Jenis Makanan Ini Justru Membantu Kita Menurunkan Berat Badan, Lo!

Intisari-Online.com – Berat badan Anda terus bertambah tak terkendali? Hati-hati kelebihan berat badan, lo. Selain tidak sehat, kelebihan berat badan juga mengurangi kesempurnaan penampilan. Karena itu kita perlu membakar dan mengurangi kalori dengan olahraga diikuti dengan diet sehat. Tidak hanya itu, memerangi kegemukan juga dapat dilakukan dengan beberaja jenis makanan yang dianggap bisa membantu kita menurunkan berat badan. Apa saja?

1. Kacang-kacangan

Apa pun kacang-kacangan yang menjadi favorit kita, baik itu kacang hitam, kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, para ahli menyarankan untuk rutin mengonsumsinya. Karena kacang-kacangan akan membantu tubuh untuk membakar lemak. Hal ini karena kacang-kacangan mengandung banyak protein dan serat.

Dengan mengonsumsi protein, proses metabolisme akan berjalan dengan lebih baik sehingga kita merasa kenyang dan penuh energi lebih lama. Sama halnya dengan makanan berserat yang bisa memperlambat proses pencernaan sehingga kita tidak begitu sering merasa lapar.

2. Ikan

Tidak semua jenis ikan bisa membantu. Namun memilih salmon dan tuna adalah pilihan yang tepat. Kita tentu pernah mendengar bahwa salmon dan tuna merupakan sumber terbesar dari omega-3, bukan? Selain untuk mendukung pertumbuhan rambut dan kuku, omega-3 juga merangsang hormon leptin yang menghasilkan protein yang dapat mengatur nafsu makan Anda.

3. Biji-bijian

Apakah Anda takut biji-bijian mengandung begitu banyak karbohidrat?  Cobalah jenis biji-bijian seperti quiona, beras merah, gandum, dan jagung. Biji-bijian ini akan membantu kita untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan serat dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks hancur lebih lama sehingga ia akan menahan jumlah energi yang kita butuhkan. Selain itu, karbohidrat kompleks juga membuat kadar insulin dalam tubuh tetap stabil.

4. Produk susu rendah lemak

Jangan singkirkan susu dari daftar makanan kita ketika sedang diet. Justru produk susu rendah lemak dan yogurt bisa menolong dalam program diet sehat. Kandungan protein dan kalsium dalam susu justru pelaku yang bisa memerangi lemak. Mungkin kita agak takut untuk mengonsumsi produk susu karena mengandung lemak, namun bisa memilih susu, yogurt, dan keju rendah lemak, kan?

5. Anggur merah dan wine

Ternyata red wine yang berasal dari anggur merah dapat menolong kita melawan lemak. Sebuah studi ilmiah menemukan bahwa anggur merah mengandung asam ellagic yang bisa menghancurkan lemak. Secara khusus anggur merah dan wine yang berasal dari Amerika yang dinamakan muscadine grapes.

Selamat mencoba!