Find Us On Social Media :

Catat! Inilah Cara Menolong Bayi atau Ibu Hamil yang Tersedak

By Ade Sulaeman, Selasa, 31 Mei 2016 | 14:30 WIB

Catat! Inilah Cara Menolong Bayi atau Ibu Hamil yang Tersedak

Intisari-Online.com - Adakalanya bila tiba-tiba terjadi peristiwa yang tak diinginkan kita akan panik. Kepanikan ini karena kita tidak tahu caranya, misal cara melakukan pertolongan pada orang tersedak. Sebenarnya, kita dapat melakukan upaya pertolongan pertama sebelum menemui tenaga medis.

Seperti apa dan bagaimana memberikan pertolongan pada orang tersedak? Berikut penjelasan dr. Lina Alil Isnawati dari RS Pertamedika Sentul City.

Perlu diketahui, tersedak terjadi karena adanya benda asing atau penyebab lain yang menyumbat saluran pernapasan. Ini berbahaya karena jalan napas jadi tertutup sehingga bisa menyebabkan kematian. Tersedak bisa terjadi pada siapapun, namun seringkali tersedak terjadi pada bayi/balita.

Sementara pada bayi atau balita, penyebabnya karena mereka belum bisa mengontrol reflek menelan. Sementara bila tersedak pada orang lanjut usia, umumnya disebabkan penurunan fungsi menelan.

Cara menolong orang tersedak:

Bila mendapati orang tersedak, yang harus kita lakukan adalah:

1. Segera minta pertolongan pada orang sekitar yang tahu cara pertolongan pertama, hubungi petugas kesehatan, klinik atau RS terdekat.

2. Berdirilah di belakangnya. Minta ia untuk sedikit membungkuk dan merenggangkan kaki.

3. Kepalkan dengan rapat tangan tangan dan tangan kiri dan bersiap memberi hentakan/tekanan di sekitar dua jari di atas pusar. Tekanan diberikan ke atas dan belakang. Berikan tekanan sebanyak 5 hitungan, lalu tanyakan apakah masih tersedak atau tidak.

Prosedur ini diulangi hingga benda penyumbatnya keluar atau hingga tenaga bantuan tiba.