Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Mengapa Menangis Baik untuk Kesehatan!

By Monalisa Darwin D, Jumat, 3 Juni 2016 | 12:30 WIB

Inilah Alasan Mengapa Menangis Baik untuk Kesehatan!

Intisari-Online.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa menangis menunjukkan kita seseorang yang lemah. Nyatanya, tidak ada salahnya untuk menangis. Selain sebagai luapan emosional, ternyata menangis juga dapat memengarahui kesehatan kita. Dan, inilah alasan mengapa menangis baik untuk kesehatan:

1. Membuang stres

Ketika benar-benar stres, kita justru disarankan untuk menangis. Menangis menjadi salah satu cara untuk melampiaskan stres dan frustasi, yang kemudian berperan sebagai pelebur stres. Jadi, tak perlu malu bila kita ingin menangis karena akhirnya akan membuat perasaan lebih lega.

2. Meningkatkan suasana hati

Sebagian besar orang akan merasa lebih baik setelah menangis. Seseorang mulai menangis ketika mengalami suasana hati yang buruk, seperti sedih atau kesal. Setelah menangis, maka kita akan merasa lebih baik karena air mata dapat menjadi bagian dari rasa sakit, yang kemudian akan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

3. Air mata membersihkan mata

Fungsi normal air mata adalah untuk menjaga mata cukup dilumasi, sehingga lensa dan kornea mata tidak tergores. Hal ini kemudian membantu penglihatan menjadi lebih baik dan menghilangkan kotoran pada mata. Air mata juga membersihkan racun yang terbentuk di mata dan membunuh bakteri yang bersarang. Entah itu air mata menangis karena sedih atau senang, semua adalah baik untuk kesehatan mata.

4. Menurunkan tingkat mangan

Menangis juga dapat menurunkan mangan mineral di dalam tubuh, dimana mangan bertanggung jawab terhadap suasana hati dan menurunkannya akan menjaga suasana hati kita. Mendapati menangis yang baik, akan membuat suasana hati baik pula.

5. Menurunkan tekanan darah

Menangis membuat tubuh kehilangan stres dan juga kadar garam. Kedua hal ini nyatanya berperan dalam meningkatkan tekanan darah, sehingga dengan menangis maka kita juga menurunkan tingkat garam dan stres di dalam tubuh yang selanjutnya menghindari kita dari tekanan darah tinggi.

Tak perlu malu untuk menangis. Carilah tempat ternyaman atau sangat pribadi untuk meluapkan tangisan bila emosi sedang buruk, karena ada banyak alasan mengapa menangis baik untuk kesehatan. (magforwomen.com)