Find Us On Social Media :

Jelaskan Bagaimana Sejarah Tradisi Sasi dan Prinsip-prinsipnya

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 1 November 2022 | 13:42 WIB

(Ilustrasi) Jelaskan bagaimana sejarah tradisi Sasi

Intisari-Online.com - Dapatkah Anda jelaskan bagaimana sejarah tradisi Sasi?

Pertanyaan dari 'jelaskan bagaimana sejarah tradisi Sasi' ada di halaman 72 dalam buku Sejarah kelas X dalam Kurikulum Merdeka.

Namun sebelum Anda dapat  jelaskan bagaimana sejarah tradisi Sasi, satu hal yang harus Anda tahu bahwa Sasi adalah sebuah adat Maluku yang diwariskan oleh nenek moyang sejak berabad-abad lalu.

Sejarah tradisi Sasi diyakini telah berlangsung sejak dahulu kala yang dilakukan antara masyarakat adat/kampung, kepala adat, dan tokoh masyarakat.

Terdapat berbagai macam aturan dalam praktik Sasi, misalnya: pada Sasi Lompa masyarakat Pulau Haruku, Maluku Tengah, yang telah dipraktikkan sejak abad ke-16.

Sasi ini mengatur kapan ikan lompa bisa dipanen oleh masyarakat.

Ikan lompa adalah sejenis ikan sarden yang terdapat di laut sekitar Pulau Haruku.

Jika ada yang melanggar dengan mengambil ikan di luar waktu yang telah ditentukan, maka akan mendapatkan sanksi moral dan sosial.

Tujuan dari Sasi Lompa adalah menjaga agar ikan dapat berkembang biak dan tidak punah sehingga masyarakat dapat terus menikmatinya.

Pada zaman dahulu, Sasi lompa dapat dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam setahun tetapi sekarang hanya setahun sekali.

Dua Prinsip

Adat Sasi dilakukan karena dua prinsip, pertama bahwa hasil alam tidak boleh disentuh atau dimanfaatkan ketika belum layak digunakan.