Find Us On Social Media :

Ketahuilah 3 Hal Ini Agar Pencernaan Aman dan Puasa Lancar

By Wahyuni Sahara, Kamis, 9 Juni 2016 | 07:30 WIB

Ketahuilah 3 Hal Ini Agar Pencernaan Aman dan Puasa Lancar

Intisari-Online.com –  Sistem pencernaan memiliki peran yang penting untuk membantu tubuh menguraikan makanan agar mendapatkan nutrisi dan vitamin, sekaligus menyingkirkan apa yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Namun ketika sistem pencernaan terganggu, kita akan merasa tidak nyaman. Bahkan dapat menggangu puasa yang sedang kita jalani. Untuk mengatasinya ketahuilah hal-hal di bawah ini untuk mencegah masalah pencernaan :1. Minum Air Putih 

Sangat dianjurkan minum air putih 8 gelas sehari. Ketika kita berpuasa, kita hanya minum pada saat sahur dan berbuka, oleh karena itu kita harus bisa mengatur pola minum agar sistem pencernaan tetap menyerap nutrisi lebih efektif dengan membantu tubuh memecah makanan.

2. Makanan yang Berserat

Yakin selama berpuasa bahwa kebutuhan serat tubuh kita terpenuhi? Cobalah untuk mengkonsumsi serat alami seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, hal ini sangat membantu mencegah masalah pencernaan kita.

3.Periksa ke Dokter

Ketika kita tidak berhasil mencegah masalah pencernaan, saatnya kita memeriksakan diri ke dokter. Hal ini ditandai dengan gejala sakit perut yang parah, atau penurunan berat yang terlalu berlebih.

Penyakit yang mungkin akan timbul ketika pencernaan kita bermasalah adalah seperti asam lambung, radang usus besar, radang usus, batu empedu, dan infeksi virus atau parasit yang parah.

Nah itulah tips menjaga agar pencernaan kita tetap aman pada saat berpuasa 

(healthline.com)