Find Us On Social Media :

Perhatikan Beberapa Langkah Ini Agar Dapat Berolahraga di Pagi Hari!

By Monalisa Darwin D, Jumat, 10 Juni 2016 | 06:00 WIB

Perhatikan Beberapa Langkah Ini Agar Dapat Berolahraga di Pagi Hari!

Intisari-Online.com - Sebagian orang memilih untuk melanjutkan tidur daripada bangun lebih awal di pagi hari untuk berolahraga. Nyatanya, kita harus melawan rasa malas atau terus menunda-nunda waktu olahraga. Meski sulit, namun kita harus mencoba dengan memerhatikan beberapa langkah ini agar dapat berolahraga di pagi hari secara teratur:

1. Perlahan, ubah jam tidur

Memiliki jam tidur yang cukup memang diperlukan, yang direkomendasikan adalah 7-8 jam setiap malamnya. Yang harus mulai diperhatikan dan diubah adalah jam tidur. Bila sering tidur pada tengah malam, perlahan untuk tidur 15 menit lebih awal setiap harinya. Ini akan membantu kita secara bertahap untuk mendapatkan waktu tidur yang ideal. Ketika tidur lebih awal, maka kita juga akan mulai terbiasa untuk bangun lebih awal, sehingga memiliki waktu untuk berolahraga.

2. Tentukan cara yang realistis

Bila kita ingin memilih gym sebagai olahraga kita di pagi hari, kita cenderung malas karena akan memikirkan banyak perlengkapan, misalnya pakaian, sepatu, tas, dan lainnya. Cobalah untuk memilih cara lainnya yang lebih sederhana, misalnya dengan jogging atau berjalan di sekitar rumah di pagi hari. Menemukan cara untuk membuat olahraga pagi hari dengan lebih mudah akan membuat kita lebih ingin melakukannya.

3. Rencanakan kegagalan

Maksudnya adalah bila kita sudah memutuskan untuk bangun dan berolahraga di pagi hari, namun harus diingat dengan segala hal yang akan menggagalkan rencana, misalnya hujan. Tak ada salahnya membaca prediksi cuaca untuk masalah yang satu ini. Tentukan pula pilihan olahraga lain jika memang pilihan awal tidak dapat dilakukan.

4. “Menyuap” diri sendiri

Tak ada salahnya menyuap diri sendiri untuk bangun lebih awal dan berolahraga di pagi hari. Misalnya kita sangat menyukai minuman atau makanan merk tertentu dengan harga yang cukup mahal, kita bisa mendapatkannya namun dengan catatan kita menyelesaikan olahraga di pagi hari tersebut.

5. Membangun motivasi

Musik adalah salah satu pilihan yang dapat membangkitkan motivasi kita, termasuk saat berolahraga. Kita bisa mendengar musik lebih dulu sebelum berolahraga di pagi hari atau bahkan sambil mendengarkan musik ketika berolahraga.

6. Bagikan rencana olahraga pada media sosial

Tidak berarti harus detail tentang olahraga yang akan kita lakukan, namun sekadar berbagi rencana olahraga kita di pagi hari agar kita mendapat dukungan atau masukan dari media sosial. Ini juga kemudian akan membantu kita lebih termotivasi.

Dan, itulah beberapa langkah ini agar dapat berolahraga di pagi hari. Yuk, bangun pagi! (shape.com)