Find Us On Social Media :

6 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan!

By Monalisa Darwin D, Jumat, 17 Juni 2016 | 06:00 WIB

6 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan!

Intisari-Online.com - Probiotik merupakan mikroorganisme yang hadir di dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan dan saluran kemih. Mikroorganisme atau bakteri ini adalah alami dan penting untuk menjaga kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita harus mengupas manfaat probiotik bagi kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan imunitas

Probiotik membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperlancar dan meningkatkan berbagai fungsi tubuh, seperti pencernaan dan sistem saluran kemih. Adanya bakteri ramah di dalam tubuh akan sangat membantu secara keseluruhan dalam peningkatan kekebalan serta merangsang respon kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Probiotik membantu dalam penguraian makanan yang kita konsumsi menjadi elemen sederhana yang memungkinkan proses penyerapan nutrisi dan buang air besar. Probiotik dasarnya adalah memastikan pencernaan halus dan meningkatkan kesehatan pencernaan, termasuk juga mengatasi masalah terkait pencernaan, seperti kembung, sembelit, diare, kram, dan nyeri perut.

3. Mencegah alergi

Penelitian menunjukkan wanita yang mengambil probiotik secara teratur, 30% lebih sedikit terkena alergi musiman daripada mereka yang tidak. Selain itu, wanita hamil yang mendapatkan probiotik akan mengurangi risiko eksim masa kanak-kanak pada bayi secara signifikan. Bahkan, janini yang masih di dalam kandungan yang mendapatkan cukup probiotik dari ibunya, akan memiliki kekebalan yang lebih kuat serta 50% lebih kecil terserang infeksi pada bayi.

4. Menjaga saluran kemih

Probiotik juga memastikan kelancaran fungsi sistem saluran kemih, dimana ini akan membuat saluran kemih bersih dan mencegah bakteri berbahaya menyerang, yang menyebabkan infeksi. Asupan probiotik yang rutin akan membantu menjaga saluran kemih yang sehat dan terhindar dari infeksi saluran kencing.

5. Melindungi organ reproduksi

Organ reproduksi rentan terhadap bakteri, entah bakteri baik maupun bakteri buruk. Probiotik berfungsi membantu menjaga keseimbangan bakteri jahat pada organ reproduksi dan melindungi dari berbagai infeksi.

6. Menghindari obesitas

Bagi kita yang mengalami kelebihan berat badan, probiotik dapat membantu mengurangi lingkar pinggang serta kehilangan lemak di perut. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita obesitas yang menjalani operasi, membutuhkan asupan probiotik dengan rutin untuk menjaga berat badan.

Setelah mengupas manfaat probiotik bagi kesehatan, yuk, sekarang kita mengonsumsi asupan probiotik secara teratur.(magforwomen.com)