Find Us On Social Media :

Ini Dia Enam Cara Mengurangi Konsumsi Alkohol

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 18 Juni 2016 | 06:00 WIB

Ini Dia Enam Cara Mengurangi Konsumsi Alkohol

Intisari-Online.com - Kecanduan alkohol benar-benar akan berdampak buruk bagi kehidupan kita, termasuk kesehatan dan kebiasaan kita. Bahkan, kecanduan alkohol dapat membawa kita hingga mencoba narkoba. Bagi kita yang sadar mengalami candu alkohol, berusahalah untuk mengendalikan diri. Dan, ini dia enam cara mengurangi konsumsi alkohol yang perlu kita coba:

1. Minum banyak air putih

Sebelum memilih bersantai untuk menikmati alkohol, minumlah lebih dulu banyak air putih untuk mengisi perut. Ini akan mencegah kita mengonsumsi lebih banyak alkohol karena air sudah terisi di dalam perut dan juga akan membuat kita terhidrasi, sehingga dapat mengusir efek alkohol. Dasarnya, efek alkohol akan menjadikan tubuh dehidrasi dengan membuat ginjal memproduksi lebih banyak urin dari biasanya.

2. Meminumnya dengan perlahan

Jangan meminum alkohol dengan cara yang “gila”. Teguklah alkohol secara perlahan atau sedikit demi sedikit. Alkohol tidak akan melepas dahaga, karena ia justru menjadikan tubuh dehidrasi. Meneguk alkohol dengan cepat dan banyak hanya akan memengaruhi sistem tubuh lebih cepat pula, dimana jika meminumnya secara perlahan maka akan memungkinkan alkohol juga bekerja lambat di dalam tubuh dan kita cenderung mengonsumsinya dalam jumlah sedikit.

3. Jangan mencampur minuman

Salah satu kesalahan besar yang dilakukan peminum alkohol berat adalah mencampur berbagai jenis alkohol. Meski menjadikan rasa lebih nikmat, nyatanya mencampur minuman hanya akan membuat kita ingin lebih banyak lagi dari biasanya, karena berbagai jenis alkohol masuk ke dalam sistem tubuh dalam kecepatan yang berbeda.

4. Lebih banyak bergerak

Jika mengonsumsi alkohol, usahakan untuk tidak hanya duduk di satu tempat. Berjalan, menari, bertemu serta berbicara dengan orang sekitar akan membantu kita tetap waspada dari efek alkohol yang muncul, seperti panas atau terbakar di dalam tubuh. Dengan ini kita juga akan tahu kapan mulai merasa pusing.

5. Jangan jadikan sebagai permainan

Mungkin memang menyenangkan dan seru, namun menjadikan konsumsi alkohol sebagai permainan hanya akan membuat dampak buruk bagi kesehatan serta menjadikan tubuh kecanduan.

Ini dia enam cara mengurangi konsumsi alkohol yang harus kita ketahui agar terlepas dari alkohol terus-menerus.