Find Us On Social Media :

Hati-hati, 5 Makanan Ini Wajib Dijauhkan dari Bayi

By Ade Sulaeman, Rabu, 22 Juni 2016 | 12:00 WIB

Hati-hati, 5 Makanan Ini Wajib Dijauhkan dari Bayi

Intisari-Online.com - Menginjak usia 6 bulan, sudah saatnya orangtua mengenalkan makanan padat untuk si kecil. Namun, ada beberapa jenis makanan yang ternyata tidak cocok untuk bayi. Selain dapat membuat bayi tersedak, jenis makanan ini juga tidak cocok dengan sistem pencernaannya.

Berikut daftar makanan yang harus dihindari bayi saat orangtua mulai mengenalkan makanan padat:

1. Madu

Madu atau makanan yang mengandung madu sebaiknya dihindari. Selain mengandung gula, madu mengandung bakteri yang bisa menganggu sistem pencernaan anak di bawah usia 1 tahun.

Sembelit, kurang nafsu makan dan dehidrasi menjadi akibat yang ditimbulkan jika orangtua memberikan madu untuk si kecil. Madu bisa orangtua berikan pada anak ketika menginjak usia 1 tahun.

2. Jus buah

Jangan berikan jus buah kepada bayi di bawah usia 6 bulan sebab jus apalagi jus kemasan banyak mengandung gula. Selain itu, bayi tidak akan mendapatkan manfaat gizi dari buah jika sudah diproses dalam bentuk jus.

Jika orangtua ingin memberikan jus, usahakan memilih buah seperti apel dan pir yang mudah diproses di dalam perut.

3. Kue manis

Ada baiknya orangtua menjauhi makanan yang mengandung gula terlalu tinggi seperti kue. Bayi memiliki perasa yang lebih tajam. Maka dari itu, ia akan cenderung menyukai makanan yang ia rasakan sejak dini dan akan menjadi pola makannya.

Untuk itu, berikan makanan manis alami seperti pisang. Hindari pemanis buatan pada makanan bayi karena bayi sedang membangun indera perasanya.

4. Daging yang dipanggang