Find Us On Social Media :

Hati-hati, Minum Teh atau Kopi yang Terlalu Panas dapat Picu Kanker

By Ade Sulaeman, Rabu, 29 Juni 2016 | 07:00 WIB

Hati-hati, Minum Teh atau Kopi yang Terlalu Panas dapat Picu Kanker

Intisari-Online.com - Entah disengaja atau tidak, kebanyakan orang pernah meminum teh atau kopi yang terlalu panas. Sesuatu yang dianggap biasa karena ‘hanya’ membuat lidah sakit. Padahal, ada risiko lebih besar lagi dari meminum teh atau kopi yang terlalu panas dapat memicu kanker.

Setidanya itu merujuk pada The International Agency for Research on Cancer (IARC), salah satu bagian dari World Health Organization (WHO), yang mengungkapkan bahwa minuman dengan suhu 65 derajat Celcius ke atas (air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius) kemungkinan mengandung karsinogen.

Jika minum minuman sepanas ini secara teratur, dikhawatirkan lama-kelamaan akan meningkatkan risiko kanker esofagus. Esofagus tak lain saluran yang menghubungkan kerongkongan ke lambung.

Meskipun jarang terdengar, kanker esofagus bukanlah penyakit langka. Bahkan jenis kanker ini disebut-sebut sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut News-Medical.net, gejala awalnya antara lain sulit menelan, akibat adanya tumor yang mempersempit esofagus.

Kemudian, ada sensasi terbakar ketika berusaha menelan, sakit pada tenggorokan, muntah, suara serak dan batuk yang tidak hilang selama dua minggu, serta nyeri dada.

Para peneliti berfokus pada mate, jenis teh yang umumnya dikonsumsi pada suhu lebih dari 65 derajat Celcius di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

"Teh itu memang dikonsumsi (dalam keadaan) sangat panas. Hal ini menimbulkan minat pada minuman panas lain di seluruh dunia. Sepertinya ada suatu efek suhu," kata Dr. Dana Loomis dari IARC. "Ada bukti terbatas pada studi kemanusiaan, mengenai karsinogenitas dari minuman yang sangat panas."

Di Amerika, faktor utama penyebab kanker esofagus adalah penggunaan produk tembakau dan alkohol, terutama jika dikombinasikan konsumsinya.

Untungnya, meskipun minum minuman yang sangat panas bisa memicu kanker, tapi apa yang diminum tidak akan menyebabkan kanker. Khususnya, kopi.

Bahkan, menurut berbagai studi, kopi dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Sebab, kopi mengandung antioksidan yang memiliki efek protektif terhadap kanker.

Supaya aman, pastikan menyajikan teh dan kopi pada suhu yang aman. Kita tak mau terkena kanker karena minum teh dan kopi yang terlalu panas, kan?

(Dini/tabloid-nakita.com)