Find Us On Social Media :

11 Fakta Penting Tentang Virus Zika (1)

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 7 Juli 2016 | 06:00 WIB

11 Fakta Penting Tentang Virus Zika (1)

Intisari-Online.com – Virus Zika menyebar luas dan memberikan semacam demam bagi orang yang mengidap penyakit tersebut. Melalui nyamuk Aedes, virus tersebut menyebar ke manusia di berbagai belahan dunia dengan sebuah gigitan serangga. Berbagai berita baru tentang virus ini melanda dunia, dimulai dari kematian pertama akibat penyakit tersebut hingga ibu hamil yang dapat mempengaruhi kandungannya sendiri.

Ingin tahu lebih lanjut tentang virus Zika dengan berita terbarunya? Dilansir dari health24.com, berikut adalah 11 fakta penting untuk mengerti lebih lanjut tentang penyakit yang menjadi permasalahan global tersebut.

1. Asal usul “Zika”

Kata tersebut berasal dari hutan Zika di Uganda yang terisolasikan melalui monyet di tahun 1947. Virus asal Afrika ini menjangkit manusia pertama kali pada tahun 1952 di Uganda dan Tanzania.

2. Nyamuk pembawa virus

Ya, Zika menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopticus yang terinfeksi. Kedua serangga yang juga menyebarkan virus dengue dan chikungunya tersebut biasanya menggigit korbannya pada siang hari.

3. Cara penularan Zika lainnya

Apakah virus Zika menular hanya melalui nyamuk? Jawabannya adalah tidak. Melalui ibu dan anak virus tersebut juga dapat tertular apabila anak tersebut masih dalam kandungan. Kontak seksual, transfusi darah, dan terkena virus langsung melalui laboratorium juga menjadi cara penularan lainnya

4. Cara mengetahui kita tertular atau tidak?

Apakah Anda memiliki gejala seperti demam, gata-gatal, persendian dan otot yang sakit, dan pusing? Bisa jadi virus Zika berada di tubuh. Kita bisa memeriksakannya ke dokter melalui pengujian cairan tubuh seperti  darah, urin, ludah, dan sperma.

5. Penyebaran Zika di dunia

Virus ini baru saja menjadi epidemi akibat penyebarannya ke berbagai belahan dunia. Zika awalnya menyebar di Afrika, Asia Tenggara, dan pulau-pulau di lautan Pasifik sebelum tahun 2015. Kini penyakit yang menyerupai demam tersebut telah mencapai negara Brazil, sebuah benua baru dalam penyebarannya. Menurut WHO, virus Zika telah melanda 62 total negara dan wilayah dari data yang menunjukkan kurun waktu 1 Januari 2007 hingga 6 April 2016.

Virus Zika akan terus menyebar dan dianggap sulit untuk memprediksi  dimana mereka akan melanda serta berapa lama. Ingin mengetahu fakta lainnya? Artikel bagian kedua akan menjelaskan 6 fakta penting lainnya tentang virus tersebut.