Find Us On Social Media :

11 Fakta Penting Tentang Virus Zika (2)

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 7 Juli 2016 | 07:00 WIB

11 Fakta Penting Tentang Virus Zika (2)

Intisari-Online.com – Virus Zika menyebar luas dan memberikan semacam demam bagi orang yang mengidap penyakit tersebut. Untuk mengerti lebih lanjut tentang epidemi yang menjadi permasalahan global tersebut, mari kita lihat informasi penting tentang virus ini. Dilansir dari health24.com dan berbagai sumber lainnya, berikut adalah 11 fakta penting tentang virus Zika yang melanjutkan artikel sebelumnya.

6. Tidak ada obat dan vaksin

Ya, penyakit yang memiliki kemiripan dengan demam dengue ini belum memiliki pengobatan yang berhasil serta vaksin agar tidak terjangkit virus tersebut.

7. Dua komplikasi berbahaya virus Zika

Komplikasi yang diderita oleh orang yang tertular dapat berupa sindrom Gullain-Barre dan microcelaphy. Penyakit pertama merupakan sindrom yang mengurangi kekebalan tubuh dan juga menyerang saraf sehingga otot kita dapat melemah hingga lumpuh. Sedangkan microcelaphy adalah penyakit dengan gejala kepala kecil dan yang tertular pada anak saat masih di kandungan. Jadi penularan terjadi di ibu mengandung yang menurunkan virus ke anaknya. Hal inilah yang harus diberikan perhatian besar.

8. Afrika Selatan dan Zika

Menurut The National Institute of Communicable Diseases (NICD), virus Zika diperkirakan tidak menyebar hingga negara tersebut seperti yang dikatakan Lucille Blumberg.

9. Seks dan Zika

Berbagai tempat dan area yang dilanda virus tersebut mengingatkan untuk para pasangan yang melakukan seks untuk menggunakan pengaman. Setidaknya seks aman harus dilakukan selama delapan minggu.

10. Zika bukan ancaman besar yang mengakhiri dunia

Walaupun World Health Organization (WHO) menyatakan virus Zika sebagai keadaan darurat dalam kesehatan publik, penderita virus tersebut biasanya mendapatkan gejala ringan. Sedangkan korelasi antara Zika dan microcephaly belum dibuktikan sepenuhnya karena berada di status “diperkirakan sangat kuat”.

11. Kecemasan Olimpiade atas Zika

Penyelenggara olimpiade mengalami kecemasan bahwa virus tersebut akan menular secara luas saat acara olahraga dunia tersebut dilaksanakan. Pada kenyataannya tidak perlu membatalkan, mengundur, atau memindahkan Olimpiade karena keamanan yang bisa dikontrol. Perhatian sendiri hanya perlu dititikberatkan pada ibu hamil dan keluarga yang menginginkan sebuah anak.