Find Us On Social Media :

Ini Adalah 6 Alasan Mengapa Microcephaly Disebabkan Oleh Virus Zika (2)

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 7 Juli 2016 | 09:00 WIB

Ini Adalah 6 Alasan Mengapa Microcephaly Disebabkan Oleh Virus Zika (2)

Intisari-Online.com – Salah satu komplikasi yang menjadi perhatian besar dari virus Zika adalah microcephaly. Penyakit tersebut membuat bayi yang baru lahir memiliki kepala kecil dan kerusakan pada otak. Ya, ibu yang mengandung dapat menularkan virus Zika ke anaknya sendiri sehingga komplikasi tersebut terjadi.

Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut adalah  6 alasan mengapa microcephaly disebabkan oleh virus Zika.

3. Zika dapat menembus plasenta dan mencapai janin

Walaupun belum 100% jelas bahwa Zika menyebabkan microcephaly, sudah jelas bahwa virus tersebut dapat menembus bayi hingga menggangu otaknya. Seperti yang dilansir dari nejm.org, sebuah penelitian pada tanggal 29 Maret mendeskripsikan bahwa janin dari wanita hamil telah mengidap Zika setelah berpergian dari Guatemala. Setelah wanita tersebut mengaborsikan anaknya, virus Zika ditemukan di darahnya serta otak janinnya.

4. Zika menyerang sel otak

Penelitian tentang struktur sel di tikus telah menunjukkan bahwa virus tersebut menargetkan sel saraf termasuk bagian yang akan menjadi otak bayi. Dalam sebuah penelitian lain virus dapat memasuki sel otal dan menyebabkan tremor.

Tikus belia yang digunakan sebagai percobaan mati akan tetapi yang tua tidak.Apabila direfleksikan ke manusia kita bisa melihat bahwa bahaya lebih terlihat pada anak-anak yang baru lahir dibandingkan manusia. Selain otak, sel kulit juga di serang oleh virus Zika.

5. Kematian kandungan

Sebuah penelitian yang meneliti 42 wanita hamil di Brazil menemukan hasil bahwa 29% dari kelompok tersebut yang terjangkit virus Zika mengalami permasalahan dalam pengantaran bayinya. Sedangkan mereka yang tidak tertular tidak mengalami keguguran.

Bayi yang diantarkan tersebut kadang dapat mengalami kematian, kepala kecil, plasenta yang mengecil, hingga kerusakan saraf yang bisa menghasilkan kebutaan. Penemuan paling mengejutkan adalah dua bayi yang tumbuh dengan sehat di perut ibunya sebelum nyawa merenggutnya karena virus Zika menular di akhir proses pembentukan anak tersebut.

6. Kriteria Shephard

Apa itu kriteria Shephard? Sebuah kriteria ilmiah yang menentukan hubungan infeksi atau keracunan dalam kehamilan yang menyebabkan kecacatan langsung. Virus Zika sendiri telah memenuhi 4 dari total 7 kriteria, yakni kejadian yang terjadi pada momen kritis di kehamilan, penjelasan hati-hati dari kasus klinis, pemaparan langka yang menghasilkan kecacatan langka, dan asosiasi tersebut masuk akal dalam logika biologi.