Find Us On Social Media :

Selain Diet Sehat, 'Food Combining' Juga Bisa Kendalikan Stres Lo

By Tika Anggreni Purba, Senin, 11 Juli 2016 | 07:00 WIB

Selain Diet Sehat, 'Food Combining' Juga Bisa Kendalikan Stres Lo

Intisari-online.com—Beda stres yang dialami, beda pula cara penangannya. Tapi ada satu cara untuk mengatasi dan mengendalikan stres itu. Tidak hanya sekadar manajemen stres, ternyata food combining  menjadi salah satu solusi dasar yang langsung menyasar ke akar stres itu sendiri.

Food combining dijalankan dengan memadukan jenis makanan ideal dengan buah segar, sayuran segar, pati, dan protein. Artinya, makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang sehat dan memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Nah, seiring pemahaman yang benar, pelaku food combining yang komitmen biasanya selalu memilih makanan-makanan yang memang baik dan berguna bagi tubuh.

Dalam peluncuran bukunya (25/6) di Organik Klub, ErikarLebang memberikan penjelasan bagaimana pola hidup dengan food combining dan yoga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan stres. Buku yang bertajuk Food Combining & Yoga Mengendalikan Stres itu memberikan pemahaman baru untuk mengendalikan stres yang merupakan kondisi umum terjadi saat ini.

Seperti mengonsumsi pati, kata Erikar, yang dapat memicu tubuh mengeluarkan hormon serotonin yang menghasilkan perasaan tenang dan bahagia. Selain itu, dengan food combining, pelakunya juga mengurangi konsumsi protein hewani. Karena protein hewani yang sifatnya tidak sesuai dengan sistem cerna tubuh, sulit untuk dicerna dan diproses tubuh, serta memicu zat pengantar saraf Norepinefrin menjadi lebih aktif.

“Jika memang tubuh manusia dimaksudkan untuk banyak mengonsumsi protein hewani yang kebanyakan berasal dari daging, gigi kita akan didesain cocok untuk mengonsumsi itu. Setidaknya, gigi taring kita bukan hanya empat buah,” kata Erikar menganalogikan.

Kemudian dengan Yoga, dilakukan peregangan yang memberikan efek nyaman dan tenang pada seseorang tersebut. Itulah sebabnya, penerapan food combining yang disertai dengan komitmen ditambah pula dengan yoga yang teratur, bisa menjadi salah satu cara agar tubuh sehat, jiwa pun sehat.