Find Us On Social Media :

Jaga Kesehatan Selama Liburan dengan Beberapa Tips Berikut Ini!

By Monalisa Darwin D, Senin, 4 Juli 2016 | 11:00 WIB

Jaga Kesehatan Selama Liburan dengan Beberapa Tips Berikut Ini!

Intisari-Online.com - Liburan panjang sudah tiba dan banyak orang yang meluangkan waktu bersama orang terdekat, entah itu mudik ataupun sekadar berlibur. Sayangnya, banyak yang tidak memerhatikan kesehatan selama berlibur, yang akhirnya setelah selesai masa libur justru mendapati sakit. Oleh karenanya, jaga kesehatan selama liburan dengan beberapa tips berikut ini:

1. Memanfaatkan fasilitas hotel

Sebagian besar hotel memiliki beberapa fasilitas kesehatan, seperti kolam renang, gym, lapangan tenis, lapangan basket, dan lainnya. Meluangkan sedikit waktu selama berlibur untuk berolahraga dapat memastikan tubuh tetap bugar. Bila hotel tidak memiliki fasilitas olahraga, kita juga bisa meggunakan taman atau halaman parkir untuk sekadar jogging.

2. Berjalan!

Daripada menghabiskan banyak uang hanya untuk membayar taksi, sebaiknya di tempat liburan kita lebih banyak berjalan kaki, apalagi tempat tujuan yang kita inginkan tidak jauh. Cobalah untuk mencari tahu terlebih dulu berapa jarak tujuan dari tempat kita. Gunakan pula tangga hotel daripada lift.

3. Makan dengan tepat

Meskipun berlibur, namun makanan yang akan dikonsumsi harus sangat diperhatikan. Hindari makanan berlemak berlebih, makanan cepat saji, dan semacamnya. Tetaplah mengonsumsi buah dan sayur selama perjalanan liburan. Jangan sampai setelah berlibur, kita menyesal dengan berat badan yang berlebih, yang kemudian juga akan berpengaruh untuk kesehatan.

4. Lakukan olahraga dasar

Selama berlibur, usahakan untuk selalu melakukan olahraga dasar ketika bangun dan sebelum tidur. Olahraga ini tidak memerlukan peralatan apapun, entah itu push-up, sit-up, peregangan, dan sebagainya. Ini bisa dilakukan dimana saja, termasuk di kamar.

5. Membawa skipping

Sebagian orang tidak membawa tali skipping ketika pergi berlibur. Padahal, benda kecil dan ramping ini akan sangat berguna ketika kita berada di tempat libur karena dapat digunakan untuk berolahraga.

6. Sering minum air putih