Find Us On Social Media :

Praktikkan Lima Teknik Bernapas Berikut Ini!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 10 Juli 2016 | 15:00 WIB

Praktikkan Lima Teknik Bernapas Berikut Ini!

Intisari-Online.com - Bernapas dengan dalam merupakan salah satu latihan sehat yang dapat membantu kita terbebas dari stres. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, lebih sehat, dan lebih bahagia, coba praktikkan lima teknik bernapas berikut ini!

1. Bantu dengan visualisasi

Carilah tempat yang nyaman dan menenangkan, kemudian duduk dengan tubuh tegap lurus, tutup mata. Selanjutnya, bayangkan atau imajinasikan tempat impian yang paling indah yang ingin kita kunjungi. Jangan memikirkan pekerjaan, masalah keluarga, dan lainnya. Sebagai tambahan, kita juga bisa menggunakan suara-suara alam, seperti suara air terjun. Setelah tenang dan menikmati setiap udara yang dihirup, paru-paru akan terasa lebih segar. Ulangi beberapa kali teknik ini.

2. Relaksasi

Saat bernapas secara mendalam, dengan mengambil udara segar ke paru-paru melalui hidung dan membuangnya melalui mulut, selanjutnya mulailah dengan relaksasi otot-otot. Kita bisa mencoba dari kaki, kemudian ke lutut, dada, paha, lengan, rahang, mata, hingga tangan. Kencangkan kemudian kendurkan otot-otot tersebut sambil tetap bernapas dalam-dalam dengan ritme waktu yang teratur.

3. Kapalabhati

Kapalabhati merupakan salah satu posisi tubuh dalam yoga dan kita dapat memulainya dengan menghirup udara segar secara perlahan. Menarik nafas yang lambat dan panjang harus diikuti dengan hembusan nafas yang kuat hasil dari perut. Setelah nyaman dengan jenis hembusan ini, kita dapat melakukannya secara terus-menerus.

4. Pernapasan alternatif melalui hidung

Teknik pernapasan ini akan membuat kita lebih tenang dan menyeimbangkan hidup. Setelah mendapatkan posisi duduk yang nyaman dengan menyilangkan kaki, tutup lubang hidung sebelah kanan kemudian tarik napas secara mendalam. Selanjutnya, tutup lubang hidung kiri dan biarkan lubang hidung kanan terbuka untuk menghembuskan napas. Ulangi teknik ini bergantian selama beberapa menit untuk membersihkan saluran hidung, yang kemudian menjauhkan kita dari flu dan membuat lebih segar.

5. Bernapas dengan lengkap dan sederhana

Jenis bernapas ini meliputi tiga tingkat pernapasan. Isi paru-paru dengan kapasitas maksimum dan kemudian hembuskan napas. Biarkan tubuh dan bahu rileks, pastikan menarik nafas perlahan dari perut sampai paru-paru. Tunggu lima detika dan kemudian buang napas. Jangan lakukan ini dengan tergesa-gesa.

Yuk, luangkan waktu untuk praktekan lima teknik bernapas berikut!