Find Us On Social Media :

12 Cara Natural Menjaga Kulit Bersih dan Bercahaya (2)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 16 Juli 2016 | 08:00 WIB

12 Cara Natural Menjaga Kulit Bersih dan Bercahaya (2)

Intisari-Online.com - Kulit indah menjadi dambaan setiap orang. Banyak produk yang menawarkan berbagai manfaat untuk kulit, namun sebagian besar produk di pasaran mengandung bahan kimia yang justru berbahaya bagi kulit. Nah, berikut ini adalah 12 cara natural menjaga kulit bersih dan bercahaya:

7. Vitamin A, B, dan C

Vitamin A diyakini efektif dalam mengobati jerawat dan membantu mengurangi jumlah minyak yang diproduksi di dalam tubuh. Namun jika vitamin A dikonsumsi secara cukup, maka akan menjadi racun yang harus dihindari oleh wanita hamil. Beberapa vitamin juga terbukti mampu mengurangi stres, seperti B-kompleks yang dapat mengontrol jerawat dan berperan dalam menstabilkan kadar hormone. Sedangkan vitamin C dapat menjaga tekstur kulit serta melawan infeksi tubuh.

8. Diet yang tepat

Diet yang tepat harus dilakukan pula untuk mendapatkan kulit bersinar. Tingkatkan asupan buah serta sayuran segar, seperti sayuran hijaun, wortel, biji-bijian, mentimun, dan sebagainya. Banyak manfaat baik jika kita mengonsumsi buah serta sayur, selain memberikan nutrisi bagi tubuh, ini juga membantu sel tubuh dalam memerangi infeksi serta peradangan, dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

9. Hindari makanan tertentu

Beberapa makanan dapat membuat kulit tubuh buruk, termasuk membuat jerawat tumbuh. Hindarilah makanan gorengan, produk susu serta kafein, daging, gula olahan, dan yodium.

Air rebusan kol

Beberapa penderita jerawat menggunakan air rebusan kol untuk mengatasi masalah jerawat mereka. Bahkan, The Acne Support Group melaporkan bahwa beberapa anggota mereka telah berhasil dalam hal ini. Kita bisa menggunakannya langsung pada kulit atau dibuat jus untuk diminum.

Lidah buaya

Lidah buaya terbukti memiliki kandungan bahan alami lebih dari 200 unsur, yang digunakan dalam penyembuhan. Jel lidah buaya yang diterapkan pada luka bekas kulit dapat menenangkan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Hal ini juga dapat digunakan sebagai pelembab bebas minyak.

Pengobatan herbal

Menurut laporan dari direktur utama dalam National Institute of Medical Herbalists, Alison Denham, bunga marigold berguna sebagai agen anti-jamur serta anti-inflamasi, dimana dapat melindungi jaringan kulit terhadap bakteri. Selain diterapkan sebagai krim, ini juga dapat diminum sebagai teh marigold. Selain itu, mereka juga dapat membantu kulit lebih bersinar karena memiliki kemampuan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Itulah 12 cara natural menjaga kulit bersih dan bercahaya yang bisa kita coba. (momspregnancypillow.com)