Find Us On Social Media :

Lima Langkah Sederhana Untuk Hidup Lebih Lama

By Monalisa Darwin D, Minggu, 17 Juli 2016 | 15:20 WIB

Lima Langkah Sederhana Untuk Hidup Lebih Lama

Intisari-Online.com - Professor Sanjiv Chopra, MD dari Harvard Medical School dalam bukunya menyebut bahwa beberapa kebiasaan dan perilaku dalam rutinitas orang dapat menunjukkan bagaimana kesehatannya. Dan, memungkinkan untuk seseorang memiliki rentang usia lebih panjang dengan kebiasaan yang sehat. Inilah lima langkah sederhana untuk hidup lebih lama yang harus diterapkan:

1. Minum kopi

Sepertinya ini mengejutkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah dalam masalah diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan kanker hati. Meski penelitian tidak membuktikan bahwa kopi dapat mengurangi risiko penyakit terkait, namun studi pada 2012 yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine menemukan angka kematian secara keseluruhan, yaitu 15% lebih rendah dari wanita dan 10% lebih rendah dari pria yang meminum 2-6 cangkir kopi sehari. Namun, jumlah wajar atau moderat tetap harus diperhatikan untuk mengonsumsi kopi, jangan sampai terlalu banyak yang justru membahayakan.

2. Olahraga

Sudah kita ketahui bahwa manfaat dari aktivitas fisik, termasuk olahraga begitu memengaruhi kebugara tubuh. Dr Chopra menyebut bahwa 150 menit berjalan cepat atau jogging per-minggu dapat meningkatkan harapan hidup seseorang hingga 3,5-4,5 tahun. Namun, kita bisa berkonsultasi dengan ahli kebugaran untuk mendapatkan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh.

3. Vitamin D yang tercukupi

Dr Chopra menyebutkan bahwa semua orang dewasa harus mendapatkan vitamin D yang cukup. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa sklerosis. Oleh karenanya, mendapatkan vitamin D secara rutin harus dilakukan.

4. Mengonsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi kesehatan, dimana mereka mampu menurunkan risiko kanker pancreas, penyakit jantung, stroke, dan kematian usia dini. Kacang-kacangan kaya akan protein, asam lemak omega 3, vitamin B dan E, serta mineral. Namun, tetap berhati-hati dalam memilih jenis kacang-kacangan karena kacang relatif tinggi kalori yang juga bisa mengandung garam berlebihan.

5. Meditasi

Langkah sederhana untuk hidup lebih lama yang terakhir adalah meditasi. Sudah banyak orang di seluruh dunia yang berlatih meditasi dan terbukti dapat mengurangi stres. Stres dan suasana hati yang buruk telah terbukti berperan dalam peningkatan berbagai penyakit. Meditasi tidak hanya baik untuk mental, namun juga fisik. Dr Chopra merekomendasikan setidaknya 15 menit untuk bermeditasi dua kali sehari. (magforwomen.com)