Find Us On Social Media :

Inilah Dampak Tidur dengan Lampu Menyala

By Wahyuni Sahara, Senin, 18 Juli 2016 | 07:30 WIB

Inilah Dampak Tidur dengan Lampu Menyala

Intisari-Online.com – Sebagian orang butuh tidur dalam keadaan terang, sebagian lainnya justru terlelap tanpa cahaya. Bagi Anda yang terbiasa tidur dalam keadaan terang, sebaiknya untuk mulai membiasakan tidur dalam keadaan gelap.

Selain menghemat listrik, ternyata tidur menggunakan cahaya buatan atau lampu dapat membuat tubuh lebih lemah. Dikatakan ini dapat membuat otot layu dan tulang lebih rapuh.

Hasil penelitian Ohio State University Medical Centre menyatakan bahwa tidur dengan keadaan lampu yang menyala dapat menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi.

Hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan berbahaya seperti kanker prostat dan kanker payudara tidak akan berproduksi jika anda tidur dengan keadaan lampu yang menyala. Adanya sinar atau cahaya akan membuat produksi hormon melatonin ini terhenti.

Maka dari itu, sebaiknya matikan lampu anda ketika tidur malam hari. Paparan cahaya lampu saat tidur malam hari juga tidak bagus bagi wanita karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita.

Tidur dengan lampu menyala juga dapat mengakibatkan jam biologis tubuh terganggu, akibatnya anda dapat terkena gangguan tidur, penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme. Serta kemungkinan terkena diabetes yang mengancam hidup Anda.

Para peneliti menegaskan bahwa paparan cahaya harus dipertimbangkan, terutama pada orang yang lebih tua dan rentan. Sekitar 75 persen dari populasi dunia terkena cahaya pada malam hari dan paparan cahaya konstan telah banyak berada di unit perawatan intensif. Masalah ini juga dapat mempengaruhi para pekerja malam hari

(Berbagai Sumber)