Find Us On Social Media :

Jangan Langsung Tenang Usai IDAI Klarifikasi, Faktanya Paracetamol Memang Punya Banyak Efek Samping

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:35 WIB

Faktanya penggunaan paracetamol memang memiliki efek samping pada kesehatan tubuh.

Intisari-Online.com – Sempat viral di media sosial mengenai penyetopan pemakaian obat demam paracetamol pada anak-anak, yang membuat banyak ibu muda kebingungan.

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso pun mengklarifikasi narasi seputar penyetopan sementara obat sirup mengandung paracetamol yang dikaitkan dengan gangguan ginjal akut di Indonesia.

Menurut Piprim, pihaknya yaitu IDAI, tidak memiliki kapasitas untuk menyetop penggunaan obat, hanya saja memberikan anjuran kepada masyarakat untuk lebih bijak mengonsumsi obat, termasuk kepada anak-anak.

Menurutnya, gejala demam pada anak, merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir virus, sehingga bisa diupayakan terlebih dahulu dengan kompres hangat, jangan buru-buru diberikan obat.

Katanya lagi, paracetamol yang beredar bebas di pasar Indonesia saat ini belum tentu menjadi sebab gangguan ginjal akut di Indonesia.

“Kalau sudah ada hasil temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menyatakan produk tertentu mengandung bahan berbahaya, silakan,” tegas Piprim.

Meski sudah ada klarifikasi IDAI, jangan langsung tenang dulu, karena paracetamol memang punya banyak efek samping.

Perlu diketahui, paracetamol merupakan salah satu obat yang mudah didapatkan dan mempunyai banyak khasiat, tetapi jangan terlalu sering mengonsumsinya.

Hal tersebut dikaitkan dengan efek samping yang bisa ditimbulkan dalam jangka panjang maupun jangka pendek bila kebanyakan konsumsi paracetamol.

Paracetamol sering digunakan untuk menghilangkan sakit dan menurunkan demam, yang mudah didapat dalam bentuk tablet, kapsul, puyer, hingga sirup.

Melansir Alcohol and Drug Foundation, paracetamol biasa digunakan untuk mengobati: nyeri atau sakit ringan hingga sedang karena sakit kepala, nyeri haid, sakit gigi, saking punggung, hingga osteoartritis.

Paracetamol juga sering digunakan untuk mengatasi demam, pilek, bahkan flu biasa.