Find Us On Social Media :

Tahan Diri Terhadap Godaan Makanan!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 7 Agustus 2016 | 07:00 WIB

Tahan Diri Terhadap Godaan Makanan!

Intisari-Online.com - Sebagian besar orang cenderung tergoda untuk makan sesuatu, dimana ini menjadi masalah yang menambah kalori dan menjadi masalah penggemukan. Menjaga tubuh untuk tidak makan berlebih memang sulit untuk beberapa orang. Mulailah untuk menahan diri terhadap godaan makanan dengan beberapa cara berikut:

1. Jangan fokus pada hasrat

Bila kita memikirkan sesuatu secara fokus dan terus mengucapkan keinginan, termasuk untuk urusan makanan, maka kita akan tersugesti untuk melakukannya. Untuk mngontrol serta menahan godaan, hindari untuk memikirkan keinginan tersebut terus menerus. Semakin memikirkannya, maka semakin kuat kita untuk memenuhi keinginan tersebut.

2. Memotivasi diri

Motivasilah diri sendiri untuk menahan godaan, seperti diet atau pola makan sehat. Fokuskan pada tujuan yang ingin dicapai, sehingga kita tidak tejebak pada godaan. Pikirkan tentang efek jangka panjang yang akan kita peroleh, sehingga selalu termotivasi untuk menahan godaan makanan.

3. Pikirkan sisi positif

Mungkin kita akan merasa sedih dan tidak puas karena tidak mendapati makanan yang diinginkan, namun kita juga harus memikirkan sisi lainnya yang positif. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya ketika kita memotivasi diri untuk tujuan yang ingin dicapai, entah itu alasan penurunan berat badan atau untuk kesehatan, maka kita akan terhindar dari godaan.

4. Menentukan alternatif

Ketika tergoda untuk makan sesuatu, kita harus mencari alternatif makanan lain, yaitu makanan atau camilan yang sehat. Paling tidak, kita menguyah sesuatu yang rendah kalori yang kemudian juga baik bagi tubuh. Dengan cara ini pula secara tidak langsung, kita memanipulasi hasrat untuk makan.

5. Alihkan pada kegiatan lain

Terlibat dalam kegiatan yang kita suka dapat mengalihkan pikiran tentang godaan makanan. Pilihlah kegiatan menyenangkan, seperti bermain game, menonton, menulis, atau lainnya.

Yuk, coba untuk menahan diri terhadap godaan makanan! (magforwomen.com)