Find Us On Social Media :

5 Alasan Mengapa Anda Harus Mandi Menggunakan Air Dingin

By Rafael Ryandika, Rabu, 10 Agustus 2016 | 07:00 WIB

5 Alasan Mengapa Anda Harus Mandi Menggunakan Air Dingin

Intisari-Online.com – Seringkali kita malas mandi menggunakan air dingin dengan alasan tidak enak badan. Atau karena masih pagi, orang merasa kedinginan sehingga lebih memilih untuk menggunakan air panas untuk mandi. Namun, tahukah Anda bahwa mandi menggunakan air dingin ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh?

Berikut 5 alasan mengapa Anda harus mandi menggunakan air dingin:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat sedang mandi, rangsangan yang diberikan oleh air dingin ternyata mampu meningkatkan kadar sel darah putih dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, sel darah putih berperan dalam melawan penyakit yang menyerang tubuh. Dengan bertambahnay sel darah putih maka imunitas tubuh pun meningkat.

2. Mengurangi Kemungkinan Depresi

Mandi menggunakan air dingin di pagi hari dapat membantu melancarkan oksigen ke seluruh tubuh, tak terkecuali bagian pusat tubuh (otak). Dengan terpenuhinya oksigen di seluruh tubuh, maka kemungkinan terkena depresi pun berkurang. Selain itu, mandi menggunakan air dingin juga dapat merangsang otak untuk mengeluarkan hormon noradrenalin, sehingga mampu mengendalikan tubuh dengan baik dalam situasi stres.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Hampir sama seperti proses detoksifikasi, air dingin ternyata mampu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan kulit. Disamping itu, kandungan karbondioksida pada air dingin di pagi hari dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu mengencangkan pori- pori.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Air dingin di pagi hari dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar ke seluruh tubuh. Dengan demikian, kondisi tubuh pun menjadi lebih baik dan hal ini dapat membantu mencegah hipertensi, pengerasan pembuluh darah arteri, dan mencegah varises.

5. Menurunkan Berat Badan

Ada 2 jenis lemak dalam tubuh Anda, yakni lemak putih yang menumpuk dan membuat Anda menjadi lebih ‘berisi’, dan lemak coklat yang berfungsi membakar lemak putih sehingga menghasilkan energi untuk tubuh. Mandi air dingin dapat merangsang berkembangnya produksi lemak coklat, sehingga mampu mengurangi lemak putih dan bentuk tubuh pun menjadi ideal.