Find Us On Social Media :

5 Cara Keramas yang Salah, Namun Sering Dilakukan

By Rafael Ryandika, Selasa, 9 Agustus 2016 | 14:30 WIB

5 Cara Keramas yang Salah, Namun Sering Dilakukan

Intisari-Online.com – Menjaga kebersihan seluruh badan memang sangat penting, tak terkecuali mencuci rambut kepala. Maka, menjaga dan merawat rambut kepala merupakan hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah lewat keramas. Namun, bagaimana bila cara yang Anda lakukan ternyata salah dan justru merusak rambut?

Berikut 5 cara keramas yang salah, namun sering dilakukan:

1. Terlalu Sering atau Terlalu Jarang Mencuci Rambut

Setiap orang memiliki frekuensi yang berbeda dalam mencuci rambutnya. Ada yang memerlukan waktu setiap hari keramas, ada pula yang dua hari keramas. Terlalu sering atau terlalu jarang mencuci rambut justru dapat merusak rambut sehingga terlihat kering dan kusam.

Maka, kenali terlebih dahulu jenis rambut yang Anda miliki serta aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya. Seringnya beraktivitas di luar ruangan terutama pada siang hari, bisa membuat Anda harus mencuci rambut setiap harinya.

2. Memakai Sabun Rambut (Shampo) yang Terlalu Banyak

Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang memiliki rambut panjang. Cobalah untuk menahan penggunaan shampo yang berlebihan untuk rambut Anda. Karena, shampo yang terlalu banyak justru akan merusak rambutmu serta membuatnya terasa berminyak dan lengket. Cukup sekitar 3 sendok teh shampo yang digunakan untuk mencuci rambut Anda.

3. Terfokus Pada Rambut

Inilah kesalahan yang paling sering dilakukan. Pada saat mencuci rambut, hal yang paling utama untuk diusap yakni kulit kepala, bukan rambutnya. Karena untuk memaksimalkan manfaat yang diterima dari keramas, kulit kepala harus mendapat perhatian khusus. Jika tidak, kulit kepala justru akan berminyak dan helai rambut pun terasa kering serta bercabang.

4. Menggunakan Merk Shampo yang Berbeda

Seringkali kita mengganti merk shampo karena shampo yang biasa Anda pakai sedang habis. Mungkin sekilas Anda tidak merasakan perubahan apapun, namun tahukah Anda bahwa mengganti merk shampo justru dapat berpengaruh dan menimbulkan masalah baru pada rambut. Penggunaan shampo yang berbeda akan memaksa rambut harus menyesuaikan dengan kadar kimia yang berbeda pula. Dan belum tentu, bahan yang terkandung dalam shampo tersebut cocok untuk Anda.

5. Terlalu Cepat Membilas

Ketika sedang mencuci rambut, usahakan agar jangan terlalu cepat membilas rambut Anda dengan air bersih. Biasakan setelah memijat rambut Anda dengan shampo, biarkanlah busa tersebut menempel di kepala kurang lebih 3 menit. Kemudian bilas dengan air bersih, hingga benar- benar bersih. Manfaat shampo jusrtu akan hilang, apabila langsung dibilas ketika busa baru saja menempel di kepala.